Oli Mesin Motor – Seberapa Sering Harus Diganti?


Oli Mesin Motor - Para rider yang menggunakan motor sebagai kendaraan operasionalnya setiap hari, penting untuk memperhatikan frekuensi penggantian oli mesin motor, apalagi jika jarak yang ditempuh tergolong jauh, semakin jauh jaraknya tentunya harus semakin sering diganti oli nya. Mengganti oli mesin motor bertujuan untuk tetap melindungi komponen mesin motor agar terhindar dari aus dan kerusakan akibat dari gesekan yang terjadi.

 image credit : www.mesinologi.com
 
     Namun mungkin sebagian dari rider tidak atau belum mengetahui seberapa sering pergantian oli harus dilakukan, berikut penjelasannya.

Penjadwalan pergantian (untuk pemakaian tidak terlalu rutin)

     Apabila rider tidak terlalu sering menggunakan motor dan tidak terlalu sering untuk perjalanan jarak jauh misal anya 200 Km dalam sebulan, baiknya rider melakukan pernggantian oli mesin motor dengan melakukan penjadwalan secara berkala, misalnya jadwalkan untuk dua bulan sekali atau tiga bulan sekali mengganti oli nya.
Untuk pemakaian tidak terlalu rutin, pergantian oli mesin motor dilakukan dengan penjadwalan secara berkala

Hitung Jarak Tempuh (untuk pemakaian cukup rutin)

     Apabila motor tersebut lumayan sering dipakai, umumnya hal yang paling mudah untuk menentukan waktu penggantian oli mesin motor adalah dengan menghitung jarak tempuh, biasanya motor memerlukan penggantian oli ketika sudah menempuh rentang jarak 1.000 Km – 2.000 Km, usahakan segera mengganti oli motor anda setelah mencapai rentang Km tersebut dan gunakan oli mesin terbaik yang cocok untuk motor rider, konsultasikan selalu dengan teknisi langganan.


Untuk pemakaian cukup rutin hitung jarak tempuh

Pemakaian sangat sering (ganti setiap seminggu – dua minggu sekali)

     Lain halnya apabila motor tersebut dipakai memang untuk jarak tempuh yang jauh dan mobilisasinya rutin dimana perharinya dapat menempuh lebih dari 100 Km, maka hal yang paling ideal adalah mengganti olinya setiap seminggu atau dua minggu sekali, karena pemakaian yang sangat sering dan ditambah jarak yang cukup jauh membutuhkan perhatian yang lebih ekstra karena sejatinya mesin motor tersebut juga bekerja ekstra setiap hari.

Gunakan selalu oli motor terbaik

     Usahakan selalu gunakan oli yang baik untuk motor anda, jangan ragu untuk menggunakan oli motor terbaik di indonesia, tentunya hal ini sesuai dengan preferensi dan kebutuhan serta kenyamanan rider masing-masing.
Terima kasih telah membaca.. semoga dapat membantu rider..
Untuk pemakaian sering lakukan berkala 1-2 minggu sekali


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon