Tips Menjaga Warna Cat Motor Tetap Awet dan Kinclong dari Faktor Alam


Cat Motor dapat Memudar karena faktor alam dan faktor non-alami beberapa hal faktor alam antara lain: Paparan Sinar Matahari, Guyuran Air Hujan, Air Laut.




Cat Motor - Salam Riders motroad.com Pernahkah rider merasa bahwa cat motor terasa cepat sekali memudar, atau jika terlihat kusam walaupun sudah dicuci… Hmmmm pastinya hal ini menjadi hal yang menyebalkan, karena tentu saja akan mengurangi nilai estetika dari motor kita.

Lalu apa penyebabnya cat motor tersebut cepat sekali pudar?? Apakah karena kualitas cat yang diberikan dari pabrikan jelek?? Supaya dapat mengurangi biaya produksi, eitss.. tunggu dulu, tentu saja kualitas dari pabrikan telah dipikirkan sedemikian rupa untuk menghasilkan motor dengan kualitas standar merk yang tentunya cat motor juga tidak akan sembarangan.
 
Tips Menjaga Warna Cat Motor Tetap Awet dan Kinclong dari Faktor Alam ( www.motroad.com )             
illustrasi motor kusam image:motormobile.net
Faktor Alam
Beberapa penyebab cat motor dapat terlihat kusam dan pudar antara lain dapat disebabkan oleh faktor alami yang memang bisa dibilang sulit untuk dihindari, jika tidak mau terkena dampaknya mending di simpen aja  tuh motor digarasi rumah dan dipajang sampai waktu yang tidak terhingga. Alhasil memiliki motor jadi tidak ada gunanya.

Tapi jangan khawatir, selama perencanaan dan perawatannya dipikirkan dengan baik, hal tersebut dapat dihindari, atau paling tidak dapat diminimalisir dampaknya, apa saja yang harus diminimalisir, berikut diantaranya:

1.  Sinar Matahari
Yak.. Sinar Matahari, tentu saja sinar matahari adalah salah satu unsur vital agar kehidupan di muka bumi dapat terus berlanjut terutama untuk tumbuhan, juga untuk para rider membutuhkannya untuk kesehatan kulit dan tulang.

Tips Menjaga Warna Cat Motor Tetap Awet dan Kinclong dari Faktor Alam ( www.motroad.com )

Tapi ternyata sinar matahari dapat memberikan dampak kurang baik bagi warna cat motor anda, terpapar sinar matahari secara langsung dan secara terus menerus dapat menyababkan kekusaman cat motor. Hal ini disebabkan panas sinar matahari membuat lapisan pelindung cat motor menjadi panas, ditambah debu dan kotoran yang berterbangan diluar dapat menempel ke lapisan pelindung yang panas tersebut sehingga membuat warna menjadi kusam.

Hal yang mesti diperhatikan adalah usahakan untuk mengurangi paparan sinar matahari secara langsung ke motor, ada baiknya hindari parkir dalam jangka waktu yang lama di tempat terbuka di siang hari, yahh kalau mau repot dikit bisa bermodalkan terpal untuk menutupi motor di parkiran terbuka dari ganasnya sinar matahari.

2.  Air Hujan
Terlalu sering kena air hujan juga dapat mempengaruhi warna cat motor, karena air hujan tidaklah air murni, didalamnya bercampur berbagai macam zat yang ikut terbawa bersamaan dengan turunnya air hujan. Apalagi di daerah perkotaan dimana langit dan awannya tidak bersih dan banyak polusi.

Motor yang terlalu sering terkena air hujan akan memudar warna cat motornya, zat-zat yang terkandung di air hujan menimbulkan reaksi kimia dengan cat motor sehingga merusak pelindung cat motor bagian luar. Terlebih lagi jika air hujan tersebut telalu lama dibiarkan mengendap, semakin lama mengendap akan semakin susah untuk dibersihkan.

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan sering mencuci motor apabila terkena air hujan, atau paling tidak bilaslah dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa air hujan sambil dilap bersih. Hal ini dapat mengurangi efek negatif air hujan kepada cat motor.
 
Tips Menjaga Warna Cat Motor Tetap Awet dan Kinclong dari Faktor Alam   ( www.motroad.com )                        
illustrasi motor kena hujan, image:citizedaily.net
3.  Air Laut/Air Garam
Bagi yang sering berkendara motor ke pantai, atau yang tempat tinggalnya berada di dekat pantai yang sering terjadi pasang surut air pantai di sekitar parit/got sehingga membuat banjir pasang di jalanan, waspadalah karena air laut tersebut mengandung garam (air asin) yang efeknya sangat korosif terhadap motor.

Air laut (air pasang) tidak hanya berakibat membuat cat motor menjadi kusam dan rusak juga membuat mesin motor karatan, efeknya sangat cepat, dan sangat susah dibersihkan. Biasanya kalau sudah karat, mesin motor hanya dapat dibersihkan dengan cairan bensin.


Apabila memang tak dapat dihindari dan sudah terlanjur terkana, ada baiknya langsung cuci bersih secara total motor anda dan jangan sampai dibiarkan air karat bermalam sehari saja, jika tidak sudah dipastikan karat akan menempel di cat dan mesin.

Pada saat mencuci, Bersihkan seluruh body motor sampai ke sela sela mesin, untuk mesin yang sudah terlanjur karat, gunakan sedikit bensin untuk merontokan karatnya, gosok pakai amplas+bensin di tempat yang karat tersebut secara halus hanya untuk menghilangkan karat mesinnya. Untuk melindungi mesin gunakan minyak tanah dengan menyemprotkannya ke permukaan karat.


Sekian info mengenai Tips Menjaga Warna Cat Motor Tetap Awet dan Kinclong dari Faktor Alam Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon