Tips Menggunakan dan Memilih Kaca Spion Motor dengan Benar


Utamakan faktor keselamatan dalam memilih kaca spion motor



Tips Motor - Salam Riders motroad.com Kaca  Spion motor yang rider gunakan pastinya dipasang dan dipilih berdasarkan banyak pertimbangan, namun satu yang pasti, pertimbangan keamanan dan keselamatan tetap harus nomor satu.
Jangan sampai karena ingin memasang kaca spion yang keren dan trendy, rider menggunakan spion yang luas pandangannya kecil, saking kecilnya kaca jangankan bisa untuk melihat kendaraan dibelakang, melihat orang yang bonceng sebesar itu aka gak Nampak.


Pertimbangan Keselamatan
Banyak sepeda motor dijalanan yang menggunakan spion yang memang terlihat sedikit trendy modelnya, namun kaca spionnya sangat kecil, padahal fungsi utama kaca spion adalah membantu rider melihat kondisi jalan disekitar.

Kaca Spion yang kecil tidak akan dapat menjaga keselamatan pengendaranya ketika melaju di jalanan yang padat dengan kendaraan dan melaju dalam kecepatan tinggi, belok tiba-tiba sedikit kemungkinan keserempet atau menyenggol kendaraan lain, karena tidak terlihat di spion kecil itu.

Seharusnya pertimbangan keselamatan menjadi pertimabangan utama, jangan mengorbankan keselamatan dan keamanan berkendara hanya karena ingin terlihat trendy, untuk itu pilihlah spion yang dapat memenuhi kedua faktor tersebut.

Jangan Sampai spion yang tidak standar nantinya malah membawa masalah sendiri, seperti ditilang oleh pihak yang berwajib karena tidak memasang spion sesuai standar.


TIPS MEMILIH DAN MENGGUNAKAN KACA SPION DENGAN BENAR

1.   PILIH YANG MODIS DAN AMAN
Walaupun keindahan diperhatikan, pilihlah kaca spion yang memiliki kaca yang cukup lebar supaya dapat melihat kearah belakang.

2.   PASANG DAN KENCANGKAN
Gunakan spion yang terbuat dari bahan yang kokoh dan kuat, dari besi lebih bagus, jangan spion dari plastik

3.   KACA KONVEKS
Jikapun rider menginginkan spion yang bentuknya kecil karena lebih prefer kesitu, baiknya pilih yang kacanya cembung (konveks), sehingga pandangan bisa lebih luas.

4.   PASANG DAN KENCANGKAN
Pas kan posisi rangka spion untuk mendapatkan pandangan yang optimum, lalu kencangkan pemasangan baut spion di motornya agar tidak longgar.

5.   JANGAN SERING KENA AIR
Spion yang sering kena air kacanya dapat berkarat, kalau sudah berkarat pandangan menjadi tidak jelas dan mengganggu.

6.   JANGAN DIGANTUNGIN HELM
Kalau spion sering digantungin helm, bautnya jadi cepat longgar, dan kacanya bisa baret-baret.

·           Simak  : MotorMatic Tiba-tiba Mati, ini Penyebabnya

Sekian info mengenai Tips Menggunakan dan Memilih Kaca Spion Motor dengan Benar Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon