Penyebab Motor Bergetar dan Bergoyang saat Dikendarai




Motor yang terasa goyang saat dikendarai bisa disebabkan oleh Velg, Segitiga stang, Ban, dan Leher ban.



Masalah Motor - Salam Riders motroad.com pernahkah rider mengalami motor yang terasa bergoyang atau bergetar saat dikendarai, rasanya bisa seperti sedang mengendarai kuda naik-turun naik-turun. Biasanya kalau dibawa pelan-pelan tidak terlalu terasa, namun jika dibawa sedikit kencang maka getarannya akan sangat terasa.

Hal itu tentulah sangat membahayakan pengendara, disamping motor yang bergoyang pasti akan sangat sulit dikendalikan, getaran dari goyangan motor juga dapat membuyarkan konsentrasi pengendara karena fokus dan pandangan menjadi sangat terganggu.

Penyebab Motor Bergetar dan Bergoyang saat Dikendarai (www.motroad.com)

Disamping itu problem ini jika tidak cepat ditangani maka akan membuat problemnya semakin besar dan dapat merembet ke komponen lain. Misalnya jika probelmnya di ban maka jika dipaksakan bisa bisa akan merembet ke Velg dan Shock.



Penyebab Motor Bergoyang
Jikalau rider mengalami hal yang telah kita bahas diatas, pasti rider merasa terganggu kenyamanannya dan ingin segera memperbaiki. Sebelum rider memutuskan untuk memperbaiki atau membeli parts yang baru, ada baiknya memahami dulu sebenanrnya problemnya dari parts yang mana, setelah diketahui mana biang keladinya, silahkan di perbaiki atau ganti baru.

Yuk,, mari kita bahas satu persatu penyebab ban motor dapat bergoyang dan bergetar.


1.  Ban Benjol Benjol
Jika rider menggunakan tubeless, ada kemungkinan ban tubelessnya banjo benjol dan bergelombang, coba periksa dengan melihat bagian luar dan permukaan ban apakan ada permukaan yang terlihat menonjol seperti benjol-benjol. Kalau iya ada baiknya segera lakukan penanganan, diperbaiki atau diganti baru.

Kalau rider menggunakan ban tube type, cobalah ingat apakah pernah dilakukan penambalan terhadap ban tersebut?..apakah sudah terlalu sering? Lebih dari sekali? Dua kali? Apakah pernah di press oleh tukang tambal ban terlalu lama?


Jika iya kemungkinan besar penyebabnya adalah karena ban dalam sudah benjol benjol, sehingga tekanan anginnya menjadi tidak merata. Bisa jadi karena sudah terlalu banyak patch (tambalan waktu bocor) atau bisa jadi juga karena pada saat proses menambal bocor yang tidak sempurna. Terlalu lama dipanasin sehingga karetnya jadi sedikit mengembang, nah pas diisi angina, tekanan angin dalam ban menjadi tidak merata.

2.  Velg Motor Bengkok
Pernahkah rider menghantam lubang yang dalam dengan sangat keras, sehingga terasa bergetar kondisi jalannya. Jika iya kemungkinan Velgnya sudah bengkok, yap bengkok, baik itu velg racing dan velg jari-jari jika kena lubang yang keras seketika dapat membuat strukturnya menjadi tidak rata. Hal inilah yang menjadi alasan handling motor menjadi goyang-goyang tidak nyaman.


Baiknya langsung diperiksakan di bengkel langganan, kalau masih bisa di stel velgnya yah tinggal di stel aja.

3.  Komstir Goyang
Komstir adalah bagian terpenting yang menentukan handling dari motor. Komstir yang sudah gak stabil dan bergoyang tentunya membuat motor menjadi gak enak untuk dikendarai. Selain dapat membuat handling tidak rata, kestabilan motor juga jadi susah, akibatnya keselamatan pengendara menjadi terganggu. Komstir yang sudah goyang membuat motor menjadi sulit melakukan manuver belokan.

Penyebab Motor Bergetar dan Bergoyang saat Dikendarai (www.motroad.com)
Komstir yang sudah goyang biasanya wajar karena penggunaan waktu yang sudah sangat lama. Komstir yang sudah goyang dan menjadi kasar ada baiknya langsung diganti saja dengan yang baru. Karena jarang sekali komstir dapat diperbaiki, kalaupun bisa belum tentu menjamin problem motor bergetar dapat hilang begitu saja.

4.  Leher Roda Goyang
Pada roda sumbu (tepat ditengah Velg yang  menjadi sumbu putaran), biasanya ada sedikit celah agar memberi ruang untuk putaran ban. Namun jika lama kelamaan dipakai, celah itu dapat melebar dan menyebakan putaran ban menjadi tidak stabil.

Yang paling terasa adalah saat bermanuver membelok, dimana ban akan terasa terbawa sedikit bergeser. Misalnya jika ban belakang yang leher rodanya bergoyang, jika dibawa belok kiri, bagian belakang akan terbawa/tergeser kekanan pada titik dimana percepata motor sudah seharusnya kekiri. Efeknya sama seperti ban bocor yang dibawa di jalan berkerikil, namun pas diperiksa ternyata tidak bocor.

Cobalah rider cek celah tersebut, apakah bergoyang jika di goyangkan ke kanan kiri (sisi samping-samping ban), jika iya ada baiknya langsung saja diganti demi keselamatan.

5.  Segitiga Stang tidak Rata
Jika bagian pada segitiga stang yang menghubungkan dengan shockbreaker (bentuknya seperti garpu) motor tidak rata, jelas membuat ban depan jadi sulit dikendarai. Lama kelamaan digunakan posisi garpu stang itu bisa menjadi tidak sejajar antara satu dengan lainnya, jika sudah tidak sejajar, handling menjadi lebih susah.

Baiknya diperiksa dengan melepas segitiga stang terlebih dahulu, dan dicek pada permukaan rata, misalnya pada cermin. Usahakan lakukanlah di bengkel lagganan yang dapat dipercaya.


Sekian info mengenai Penyebab Motor Bergetar dan Bergoyang saat Dikendarai

Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders,  Jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
.


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon