Pertimbangan Memilih Warna Cat Motor yang menarik


Pemilihan warna cat motor mempengaruhi kerennya penampilan dan cara perawatannya

Cat Motor - Salam Riders motroad.com Pada saat pertama kali rider menentukan motor apa yang akan menjadi pilihan rider, apa saja yang menjadi pertimbangan? Pertama kali pasti Jenis Motor Idaman apa yang ingin dipilih.. Setelah itu apa lagi? Harga tentu saja… Performa tentu pastinya, dan warna cat motor..
 
Pertimbangan Memilih Warna Cat Motor yang menarik (www.motroad.com)
Illustrasi warna motor sumber:ridertua.com

Apik atau tidaknya tampilan motor tentu sangat berpengaruh dari warna apa yang menjadi bawaannya, tentunya keserasian warna dengan jenis motor sangat penting untuk diperhatikan, selain dapat mendongkrak tongkrongan, pilihan warna yang pas dengan selera akan memberikan kepuasan batin tersendiri bagi pengendaranya.

Warna Cat Bawaan Pabrikan

Dewasa ini banyak sekali pilihan warna yang disajikan dari pabrikan, tentunya pilihan warna ini adalah warna standar yang pabrikan keluarkan untuk setiap jenis motornya, tentunya warna bawaan dari pabrikan ini telah dipertimbangkan berdasarkan permintaan pasar sekaligus menjawab warna apa yang kira-kira akan terserap oleh pasar lebih banyak.

Warna warna standar seperti hitam, biru metalik, kuning metalik, hijau metalik, merah metalik, dan putih mutiara menjadi warna-warna standar yang dikeluarkan oleh pabrikan. Walaupun tidak semua warna tersebut terdapat pada satu jenis motor yang dikeluarkan pabrikan.

Warna Mempengaruhi Perawatan
Tahukan rider bahwa warna cat motor dapat mempengaruhi gampang atau tidaknya suatu perawatan motor anda, hubunganny adalah jika warna motornya umum akan lebih mudah untuk mencari tempat servis atau bengkel untuk melakukan perawatan apabilan terdapat masalah pada cat motor rider.

Contoh lainnya adalah pertimbangan harga dalam pemilihan warna tersebut, tentunya dengan warna yang umum dan lebih mudah didapat maka harga cat motor akan lebih murah, karena warna tersebut umum dan banyak dicari orang sehingga harganya pun akan wajar dipasaran. Dalam hal ini prinsip supply dan demand dalam ilmu ekonomi berlaku.

Sebagai contoh adalah kecenderungan warna cat merah metalik yang lebih mahal dibandingkan dengan warna lainnya, kemungkinan harga tersebut terbentuk karena warna tersebut memang memiliki ongkos produksi yang lebih tinggi dibandingkan warna lainnya sert permintaan pasar memang tergolong rendah atas warna merah metalik.

Mari kita bahas sedikit tentang pemilihan warna cat motor dengan mengurai sedikit tentang warna satu-persatu yang umum dipasaran, sekaligus membahas sedikit tentang psikologi warna.

Warna Hitam

Warna hitam mungkin yang paling umum terdapat pada setiap jenis motor, sebagian besar jenis motor yang dikeluarkan pasti ada warna hitam ini, apalagi untuk motor yang memang diperuntukkan untuk kaum pria, karena kesan dari warna ini adalah macho dan dan berani sekaligus memberi kesan kelam dan garang.

Secara perawatan motor dengan cat warna hitam juga lebih mudah, dikarenakan lebih gampangnya cat motor tersebut diperoleh dipasaran, perbaikannya pun tergolong mudah, sebagai contoh apabila ingin menutup scratch pada cat motor tinggal ditambal dengan cat hitam yang baru dan warna cat hitam yang lama dengan warna cat hitam yang baru akan terblend dengan sempurna.

Kekurangan dari warna ini adalah mayoritas penggemar warna ini adalah pria, karena kesannya yang macho tersebut, kaum wanita jarang sekali akan suka dengan warna ini karena kesannya yang kelam.

Warna Putih

Warna cat putih memang memberikan kesan eksklusif dan memberikan kesan ketenangan. Selain itu ketersediaan warna cat motor putih juga cukup banyak dipasaran untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu terdapat masalah pada cat motor anda.

Kekurangan dari warna cat ini adalah kekontrasannya yang akan sangat terasa jika motor dalam keadaan kotor. Debu dan kotoran tanah akan terlihat dengan jelas pada motor anda, seperti kertas putih yang sedang penuh dengan coretan, tentunya hal ini dapat mengurangi kerennnya penampilan motor.

Namun hal tersebut dapat disiasati dengan rajin-rajin mencuci motor jika sudah kotor, apalagi pada musim hujan, maka sering seringlah dibersihkan, jika tidak penampilan motor akan terganggu.
Pertimbangan Memilih Warna Cat Motor yang menarik (www.motroad.com)
illustrasi pilihan warna pada motor bebek image credit : Yamaha Motor

Warna Hijau Metalik

Hijau Metalik dapat menjadi salah satu pilihan motor anda, tidak dipungkiri memang hijau metalik memberikan kesan ramah lingkungan dan go green (walaupun sebenarnya tidak). Apalagi secara psikologis memberi kesan yang sehat dan kokoh.

Namun dilain pihak warna hijau metalik adalah salah satu warna yang sebenarnya sulit untuk dilakukan pengecatan, secara teknik pengecatan dibutuhkan teknisi pengecatan motor yang berpengalaman, jika tidak hasilnya pun tidak akan bagus.

Warna Biru Metalik

Warna cat motor Biru metalik memberika kesan in blue dan mendayu-dayu sehingga dapat mempengaruhi suasana hati pengendaranya, sangat cocok untuk pasangan muda-mudi yang sedang bernuansa romantis.

Selain itu warna biru metalik juga memberikan kesan kepercayaan secara psikologis, maka jangan heran banyak pabrikan yang mengeluarkan warna cat motor ini untuk produk baru mereka, karena warna ini dapat menarik kepercayaan pembeli.

Warna ini selain cocok untuk muda-mudi, juga sangat cocok untuk para eksekutif muda.

Warna Merah Metalik

Warna Merah metalik ini memberikan kesan garang, seperti yang kita tahu merah identik dengan marah dan keganasan, maka warna ini sangat cocok untuk motor para pembalap.

Namun warna ini juga terkadang sulit didapat dipasaran, selain itu teknik pengecetannya juga membutuhkan teknisi yang terampil jika menginginkan hasil yang baik.



Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon