Akibat Jika Motor Matic Memakai Ban yang Lebar


Motor Matic yang dipakaikan Ban Gambot jadi banyak kekurangannya, susah bermanuver dan di rem, kurang lincah, dan membuat kinerja rem menjadi lebih sulit.




Ban Motor - Salam Riders motroad.com …  Ban yang besar atau sering dikenal dengan ban gambot sedang trend sekarang diantara para rider yang senang memodifikasi tongkrongan motornya. Karena dengan begitu tampilannnya jadi lebih keren dan lebih macho.

Tak terkecuali motor matic, saat ini sudah banyak motor matic yang dimodifikasi ban belakangnya menggunakan ban gambot. Kesannya ada yang bilang biar gak feminim-feminim banget karena kalo cowok menggunakan matic, makanya tampilan tongkrongan bannya dibesarin.
 
 Akibat JIka Motor Matic Memakai Ban yang Lebar (www.motroad.com)
image credit : mediagress.com
Di saat ini pun sudah banyak merk ban gambot yang beredar yang di produksi untuk ban motor skuter matic (skutik), tentunya juga produsen velg motor yang cocok dengan ban gambot ini.

Selain aspek penampilan yang tambah keren, hal lain yang harus diperhatikan adalah aspek keselamatan atas penggunaan ban ini. Ternyata penggunaan ban gambot ini dapat mengakibatkan performa motor menjadi berkurang dan aspek safety menjadi terabaikan,.

Apa saja akibatnya mari kita lihat



1.  Boros Bensin
Tentunya dengan penggunaan ban gambot akan menjadikan motor lebih berat. Kalau beban yang dibawa menjadi lebih berat otomatis kebutuhan bahan bakar akan lebih banyak dan pastinya lebih boros biaya dong.

Dengan motor yang lebih sering mengkonsumsi bensin, akhirnya motorpun akan semakin sering kerja ekstra, yang mana ujungnya bisa bisa memperpendek umur mesin.
 
 Akibat JIka Motor Matic Memakai Ban yang Lebar (www.motroad.com)
image credit : doctormatic.blogspot.com
2.  Menjadi Kurang Lincah
Walaupun sebenarnya penggunaan ban gambot dapat membuat motor menjadi lebih stabil, namun disisi lain juga membuat lebih sulit untuk dikendalikan, Apalagi jika dijalan sempit dan macet, penggunaan ban besar dapat membuat rider kerepotan sendiri dalam melintasi jalan-jalan kecil dan macet.

Jadinya motor matic yang tujuan awal seharusnya lincah dan praktis menghindari macet, malah jadi lebih susah dikendalikan dan tidak bisa lalu lalang berkendara di jalanan macet.

3.  Kinerja Rem Terganggu
Ban yang lebih besar ukurannya berdampak lebih besarnya tenaga yang keluar untuk sistem pengereman. Kalau begini kinerja rem menjadi lebih ekstra dan lebih berat. Ingat lho, rem itu salah satu pendukung safety.

Walaupun biasanya saat mau mengganti ke Ban Gambot, pihak bengkel akan menawarkan piringan rem yang lebih besar. Namun yang harus diperhatikan adalah kualitas piringan ban tersebut, jangan beli yang asal-asalan. Belilah yang terjamin.

Namun demikian karena pemasangan ban gambot sudah tidak sesuai dengan spesifikasi ban pabrikan, tetap saja proses pengeraman menjadi terganggu.

4.  CVT Butuh Perawatan Ekstra
Tentu saja dengan ban yang lebih besar, kerja si V-belt menjadi lebih berat, Sama analoginya dengan kinerja mesin diatas. Kerja CVT menjadi lebih dipaksakan dan berat sehingga umur pemakaiannya juga bisa terganggu pada akhirnya. Kalau sudah begitu sering-sering servis CVT saja


Akhirnya semua kembali kepada rider, lebih mementingkan safety atau appearance,  yah kalau Cuma untuk nongkrong dan dipakai di jalan lenggang seputaran komplek perumahan sih oke- oke saja pake ban gambot, itung – itung mejeng.

Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders,  Jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


1 comments:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon