Kampas Rem Motor – Salam
rider, Kebanyakan dari rider terkadang mengabaikan pentingnya komponen yang
satu ini, bagaimana tidak, Jika kampas
rem terganggu, otomatis proses pengereman menjadi tidak pakem dan tentunya
berbahaya bagi keselamatan rider. Jika didiamkan saja akan menyisakan besi
kampas saja, sehingga nantinya yang menjadi korban adalah disk brake atau
tromol yang menjadi aus karena gesekan langsung dengan besi kampas.
image credit : suaramerdeka.com
Kampas rem tipis akan bergesekan langsung dengan disk brake atau
tromol, menyebabkan ke-aus-an.
|
Tromol dan Cakram
Baik Cakram motor ataupun
tromol motor akan terpengaruh dari penipisan kanvas rem ini, walaupun efeknya lebih besar dirasakan oleh
cakram karena jika kanpas habis, disk brake (piringan) akan bergesekan langsung
dengan besi kampas, dilain pihak kampas rem motor tipe tromol walau sudah habis
masih tetap menyisakan kampas yang cukup tebal.
Baik tromol dan cakram, keduanya butuh perawatan kampas rem
|
Ciri-ciri Kampas Rem yang menipis
Apabila sudah timbul kesan
“seret” pada pengereman disertai bunyi decitan dan rem menjadi tidak pakem
pertanda kampas rem sudah mulai menipis, jika sudah berbunyi “cring” dan
terjadi getaran pada handling maka kampas sudah habis dan hanya menyisakan besi
kampas, biasanya piringan cakram akan timbul goresan akibat gesekan tersebut,
segeralah ganti dengan kampas yang baru.
Ada baiknya memantau terus
ketebalan kampas rem dan segera mengganti apabila ciri-ciri seperti yang
disebutkan diatas muncul, daripada nantinya mengganti piringan yang tentu saja
lumayan malah (sekitar 300-500 ribuan tergantung tipe motor) lebih baik mengganti
kampas remnya, usahakan gunakan kampas rem original walau karena harga kampas
rem motor original lebih mahal, namun jangka waktu pemakaiannya akan lebih lama,
Harga menentukan kualitas!.
Hal yang harus diperhatikan
|
Silahkan tinggalkan komen yang membangun...
Terima Kasih
Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon