Bahaya Ban Motor Benjol Bergelombang dan Tidak rata


Ban Motor yang sudah benjol benjol dan tidak rata (melendung) bisa membahayakan pengendara



Ban Motor Salam Riders motroad.com …  Pernahkan para rider mengalami Ban motor yang benjol-benjol, ban yang seperti ini jika terus digunakan akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman karena jalannya motor akan terasa berguncang guncang tidak stabil.

Penyebab Ban Benjol
Umumnya hal ini  terjadi pada ban motor tubeless, ban tubeless yang terbentur atau menghantam lubang dengan kedalaman lebih dari 10 sentimeter (cm) dengan keras akan membuat kawat yang menjadi penyangga struktur ban tubeless putus sehingga kawat tersebut akan menekan permukaan ban keluar dan terjadilah benjol atau gelombang – gelombang jika dilihat dari luar permukaan ban.
Bahaya Ban Motor Benjol  Bergelombang dan Tidak rata (www.motroad.com)

Selain itu, penyebab lainnya ban tubeless dapat benjol adalah kurangnya tekanan udara pada ban atau istilahnya kurang angin. Kurang angin pada ban dapat membut kawat yang menjadi isi dalam ban yang berfungsi sebagai penguat struktur ban tubeless menjadi putus, walhasil sama seperti kejadian diatas. Kawatnya jadi menekan nekan keluar dan mengakibatkan benjol – benjol.


Kesalahan Produksi
Ada juga yang menyebut bahwa ban yang benjol - benjol adalah hasil kesalahan produksi. Pada ban tubeless ada bagian nylon yang dilapisi karet, dalam proses produksi menggunakan mesin, saat itu diberi dua lapisan, nah antara lapisan satu dan lapisan lainnya terkadang ada yang lolos pemeriksaan quality control, dimana masih terdapat angin yang terjebak disana/di celah lapisan itu.
Bahaya Ban Motor Benjol  Bergelombang dan Tidak rata (www.motroad.com)                    

Kondisi ini biasanya disebut dengan blown, untuk menggambarkan kondisi angin yang terjebak dilapisan ini. Efeknya adalah ketika ban motor dipakai jalan. Maka kondisi bannya akan cepet panas jadinya cepet bergelombang permukaannya.

Kalau sudah begini, menjadi resiko pembeli deh. Untuk itu selalu hati-hati dan waspada kalau membeli ban yang baru. Baiknya dicoba dan dites dulu apakah ada tanda tanda tidak ratanya ban. Kalau iya ya jangan dibeli, kalau sudah terlanjur dibayar, ya silahkan di klaim balik ke penjual atau produsennya, walaupun terkadang agak sulit membuktikan bahwa ini adalah kesalahan produksi.
  

Bahaya Ban Benjol
Tentu saja hal ini akan membahayakan pengendaranya, bagaimana tidak jika  ban benjol digunakan dijalan yang ada malah jalannya motor menjadi oleng dan sangat sulit untuk dikendalikan.

Kalau Cuma benjolnya satu dua dan tidak melendung besar sih sebenarnya masih bisa dipakai, namun harus sangat hati – hati dan pelan pelan jalannya. Tapi yang harus diperhatikan benjolnya ini kaya penyakit lho, kalau didiamkan bisa merembet kemana – mana. Kalau sudah merembet luas permukaan ban yang benjol pastinya menjadi lebih besar dan pastinya jadi lebih sulit lagi dikendalikan.
Bahaya Ban Motor Benjol  Bergelombang dan Tidak rata (www.motroad.com)         

Ban Benjol tentunya jadi gak safety  kalau dipaksakan jalan, kalau memang benjolnya sudah banyak dan kenyamanan berkendara terganggu yang apa boleh buat, lebih baik pentingkan keselamatan sendiri daripada harus memaksakan diri memakai ban benjol. Gantilah dengan yang baru.

Trik Ban Benjol
Sebenarnya ada cara yang sedikit ekstrem untuk botulin ban benjol ini. Yaitu dengan menusuk bagian benjol dari ban dengan jarum dengan tujuan mengeluarkan angin yang terjebak tadi, tapi posisi nya harus pas, kalau tidak bisa berabe. Trik ini bisalah digunakan sementara, sebelum bisa ganti yang baru.



Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika
berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon