Tips memilih dan membeli Ban Motor Matic yang berkualitas dan bagus

 

Ban adalah komponen penting


Ban  merupakan komponen penting dari sebuah kendaraan bermotor, tentu saja, tanpa ada ban, sebuah kendaraan bermotor dan beroda tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya ban. Untuk itu adalah hal yang sangat penting untuk selalu memeriksa keadaan ban kendaraan rider dengan melakukan perawatan yang rutin dan selalu memastikan untuk membeli ban (dan komponen lannya) dari produsen resmi atau merk ban yang telah di desain khusus untuk jenis kendaraan rider.

Ban untuk motor matic

Khusus untuk motor matic, saat ini banyak sekali beredar ban yang dikhususkan untuk kendaraan motor matic rider baik oleh produsen resmi yang secara langsung memegang lisensi untuk menjual merk ban motor tersebut, ataupun dari distributor sparepart motor yang menjual berbagai jenis kebutuan sepeda motor. 

Baca juga : Cara Mudah melakukan inreyen motor

Kondisi Ban butuh perhatian

Bagi rider yang selalu berpergian kemanapun dengan menggunakan motor atau biasa disebut pengendara motor tulen, sangat penting untuk selalu memperhatikan komponen ini,  baik dalam hal pemilihan, pembelian, perawatan dan pemakaian. terkadang biasanya rider menyepelekan hal tersebut dengan alasan selama motor tersebut dapat berjalan ya sudah, tanpa mengetahui akibat negatifnya.

Sebagai contoh apabila rider memilih ban secara sembarang, ketika rider sedang dalam perjalanan yang penting dan rider mengalamai kecelakaan karena kondisi ban yang tidak bagus dan hasilnya adalah fatal sehingga berujung pada kerugian rider sendiri.
Sehingga sangatlah penting untuk selektif dan berhati-hati dalam memilih ban motor yang cocok untuk motor matic rider sekalian, tentu saja memilih ban untuk motor matic bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, khususnya untuk motor matic, jenis dan spesifikasi serta pengukuran dengan standar tertentu harus diperhatikan sesuai dengan kebutuhan sepeda motor rider sekalian. 

Baca Juga : kenapa knalpot motor berbau oli terbakar

Dikarenakan pentingnya komponen tersebut, ada baiknya rider matic selalu memperhatikan komponen penting tersebut dengan memperhatikan tips-tips dibawah ini, antara laiin;
    
1.  Pilihlahlah merk/brand ban motor yang telah teruji dan terjamin kualitasnya
Walaupun belum tentu bagusnya merk/brand menjamin kualitas produk tersebut, tetapi bagaimanapun juga hal yang dapat menjadi pegangan rider sekalian adalah brand produk tersebut, paling tidak kita telah mengetahui bahwa brand bagus pasti akan menjaga quality control dari produk yang di hasilkannya.
Telah disebutkan di atas, bahwa banyak baik distributor resmi maupun distributor spare part motor dipasaran yang telah menawarkan berbagai jenis produk atas merk ban sepeda motor. Biasanya rider akan cenderung untuk memilih jenis ban sepeda motor karena pertimbangan tinggi-rendahnya harga jual produk tersebut, namun hal yang perlu diingat adalah belum tentu harga murah itu menjamin kualitas terbaik, karena mungkin banyak pertimbangan suat produsen dapat menjual harga murah, Jadi Pilihlahlah ban dengan merk yang memang telah terjamin dan teruji kualitasnya.
2.       Periksalah bentuk dan ukuran kembangan  
Hal Ini juga terkadang sering diabaikan oleh para rider sepeda motor. Sebaiknya ketika rider memilih-milih ban, usahakan untuk melihat bentuk kembangan pada ban. Sehingga ketika digunakan ban tersebut tidak mudah selip dan motor matic Rider dapat melaju kencang.
Periksa kembangan dengan menyentuh permukaannya dan mengecek detail dimensi ban tersebut dari berbagai arah.
3.        Carilah informasi mengenai seberapa lama waktu ketahanan ban tersebut bisa digunakan
Ketahanan tentu menjadi pertimbangan rider dalam memilih ban, tentu semua orang rider motor menginginkan bahwa ban yang dibelinya dapat tahan lama. Oleh karena itu, biasakan untuk cari informasi terlebih dahulu jenis ban yang akan beli nanti. Atau ketika datang ke distributor spare part motor, tanyakan saja langsung kepada si teknisi atau montir yang biasanya lebih paham.
4.        Pilihlah ban sesuai dengan ukuran standar yang telah ditetapkan
Untuk motor matic, maka Rider harus memilih ban yang memang khusus untuk motor matic.Biasanya untuk motor matic produksi tahun 2009, sebaiknya menggunakan ban yang berukuran 70/90 dan 80/90. Sedangkan untuk motor matic yang diproduksi tahun di atas tahun 2010, Pilihlahan ukuran ban yang tepat adalah 80/90 dan 90/90.
5.        Carilah informasi mengenai tahun pembuatan/produksi ban tersebut
Ban dengan kualitas terbaik akan terlihat dari umur ban yang berdasarkan tahun produksinya. Sebaiknya ketika memilih ban, lihatlah selalu tahun produksi ban tersebut, apakah ban tersebu sudah termasuk produk lama ataukah masih baru, hal ini tentu saja menjadi petimbangan yang sangat penting dalam memilih ban. Umur ban sebaiknya jangan melebihi 6-12 bulan dari tahun pembuatannya. Biasanya info ini tertera di ban dengan kode angka, seperti contoh kode 0912. Angka 09 merupakan minggu dari waktu produksi, sedangkan 12 adalah tahun pembuatan ban tersebut.

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon