Tips Pintar Membeli Motor Bekas


Membeli Motor Bekas – Bagi Rider yang ingin memiliki rencana untuk membeli motor bekas, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengambil keputusan, jangan sampai rider malah rugi karena motor yang dibeli tidak sesuai dengan harapan rider, niatnya membeli motor bekas karena mau irit dana malah rugi lebih banyak dibandingkan jika membeli motor terbaru.
Tips Pintar Membeli Motor Bekas | motroad.blogspot.com

Membeli Motor Bekas – Bagi Rider yang ingin memiliki rencana untuk  membeli motor bekas, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengambil keputusan, jangan sampai rider malah rugi karena motor yang dibeli tidak sesuai dengan harapan rider, niatnya membeli motor bekas karena mau irit dana malah rugi lebih banyak dibandingkan jika membeli motor terbaru.

1.    Riset produk

Sebelum menentukan untuk membeli jenis motor apa yang rider butuhkan, usahakan untuk selalu melakukan riset  produk yang komplit, seperti tentang harga, speifikasi, kelengkapan dll, carilah dari berbagai sumber sampai rider memahami betul produk apa yang rider butuhkan dan memutuskan untuk membelinya. Terutama untuk riset harga pasar, dapat dilakukan dengan searching di Internet dan lakukan pembanding harga yang reliable.

2.      Cek Fisik motor

Hal lain yang harus diperhatikan dalam membeli motor bekas adalah cek fisik motor, Ketika bertemu dengan penjual lakukan Cek fisik antara lain; 

a.    pertama tama hidupkan motor, dengarkan suara mesin, apakah ada yang aneh, apakah suara mesin kasar atau berisik, lancar atau tidak gasnya.
b.    cek kelistrikannya, seperti lampu, sign, starter, engkol starter, klakson dll.
c.    Cek mekanismenya, Antara lain fungsi  perputaran roda, perpindahan gigi, perputaran rantai, mekanisme rem dll,
d.    Perhatikan kondisi body, apakah banyak goresan, perhatikan spareparts, apakah orisinil, juga baut, spion, knalpot dll, baiknya hal seperti ini ditanyakan langsung kepada penjual.
e.    Lihat kilometer pada speedometer, jika KM melebihi 25.000, artinya pemakaian motor tersebut telah sangat lama, pastinya akan dibutuhkan banyak perbaikan sparepart, hal ini harus diperhatikan, jangan sampai perbaikan malah menghabiskan dana.
f.    Test ride, apakah motor masih nyaman untuk dikendarai, ukur kecepatannya jika diperbolehkan dan peratikan bunyi mesin.
g.    Periksa cacatnya, apakah ada oli yang bocor, roda yang oleng, segitiga stang yang tidak seimbang setelah dikendarai.

3.    Periksa keabsahan motor tersebut.

Lakukan dengan mengecek STNK dan BPKB, perhatikan nomor mesin dan nomor rangka, apakah ada bekas ketokan, jangan sampai yang membeli motor bekas yang tidak sah (hasil tindak kejahatan), nantinya rider malah repot sendiri.
Tips Pintar Membeli Motor Bekas | motroad.blogspot.com
infografik gratis untuk rider :)
Jika semua sudah oke, berarti motor tersebut telah lulus tes, artinya dapat dipertimbangkan untuk dibeli dan dibawa pulang, hehe.. namun semua tetap menjadi keputusan rider, apakah layak atau tidak untuk dibeli.
  
                                                          





Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon