Tips Agar motor matic menjadi lebih irit



Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat motor matic anda tetap irit dalam penggunaan bahan bakar



Motor Matic Irit - Salam Riders… ada beberapa  pendapat yang mengatakan bahwa sebenarnya motor matic itu lebih boros dari motor manual konvensional, walaupun matic tersebut telah memakai teknologi fuel injection. Pendapat ini didasari bahwa laju kecepatan rotasi per minute (RPM) pada motor matic tidak dapat di atur sebagai mana layaknya pada motor manual yang memiliki persneling yang berfungsi untuk mengatur laju RPM.

Hal tersebut masuk akal, namun ada juga cara yang dapat ditempuh agar motor matic menjadi lebih irit, berikut caranya

Kecepatan Stabil

Kendarai motor matic anda dengan kecepatan yang stabil, stabil dalam artian tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat pula,  hindari akselerasi atau perubahan kecepatan yang secara tiba-tiba, hal ini dpat membuat penggunaan bahan bakar lebih boros.

Riding Habit

Kebiasaan dalam berkendara juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, sebagai contoh dalam proses pemanasan mesin, pemanasan mesin jangan dilakukan terlalu lama, cukup 2-3 menit, lebih dari itu akan mengkonsumsi bahan bakar yang tidak semestinya, juga hindari menggeber gas saat pemanasan.

Kebut-kebutan dijalan juga pastinya akan mebuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Cek Filter Udara

Filter udara atau angina yang kotor akan menghambat  kaju udara yang masuk ke saluran sistem pembakaran, sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna, cek selalu sistem filter udara dan lakukan pergantian filter udara bila dibutuhkan, minimal setiap 10.000 KM.


Cek Sistem Pengapian

Untuk Motor Matic yang masih menggunakan karburator, atur dan awasi selalu setiap komponen dalam sistem pengapian, lakukan hal tersebut secara berkala. Dan ada baiknya ketahui juga seperti apa kondisi sistem pengapian yang paling pas untuk jenis motor tertentu seperti yang telah ditetapkan dari pabrikan. Dan aturlah sesuai kondisi tersebut, mungkin ada baiknya jika rider mendapatkan bantuan dari teknisi sehubungan dengan hal tersebut.
Tips Motor Matic Lebih irit bahan bakar www.motroad.com

Tipe Bahan Bakar

Tentunya tipe bahan bakar akan sangat mempengaruhi respon mesin dalam beroperasi, sebagai contoh, bahan bakar yang memiliki tingkat oktan yang tinggi akan membuat sistem pembakaran pada mesin motor menjadi lebih sempurna, bedanya pada bahan bakar dengan oktan lebih rendah, sistem pembakaran kurang sempurna sehingga membutuhkan volume bahan bakar yang lebih banyak.

Selain itu, bahan bakar dengan oktan lebih rendah juga menyisakan karbon hasil sisa-sisa pembakaran di sekitar dinding sistem pembakaran.

Oli Yang Sesuai

Terakhir yang tidak kalah penting adalah penggunaan oli yang sesuai dengan tipe dan jenis motor anda. Penggunaan oli ini bertujuan untuk meminimalisir akibat yang ditimbulkan dari gesekan antara komponen mesin, semakin baik hasil dari oli tersebut dalam meminimalisir gesekan akan membuat kinerja pembakaran menjadi lebih efisien.


·           Simak  : Pentingnya Servis motor dilakukan tepat waktu


Sekian info mengenai  Tips Agar motor matic menjadi lebih irit semoga berguna bagi para riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon