Apa Sebenarnya Masa Inreyen itu?




Masa Inreyen (Break in atau Running in) untuk sepeda motor baru adalah masa dimana mesin masih membutuhkan penyesuaian.


.
Inreyen Motor - Salam Riders… biasanya pada saat kita membeli kendaraan (motor atau mobil baru) terdapat anjuran di buku pedoman untuk memperhatikan masa inreyen, untuk motor biasanya dihitung sejak KM 0 – 1000. Pada masa inreyen  ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, kenapa? Karena mesin masih membutuhkan penyesuaian antar komponenya sebelum benar-benar dapat terbiasa dioperasikan.
Apa yang dimaksud masa inreyen motor www.motroad.com  .
image : hadiyanta.com

Pentingkah Masa Inreyen

Beberapa orang mengatakan bahwa masa inreyen sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi karena setiap motor yang baru keluar dari pabrik telah diuji dan dites di tingkat ATPM, Betulkah informasi tersebut?  Belum tentu benar, Pabrikan dan ATPM akan tetap menyarankan untuk melakukan inreyen, pada dasarnya himbauan yang diajukan pabrikan pasti bertujuan baik terutama untuk menjaga umur dari motor.

·           Simak  : Cara Mudah Melakukan Inreyen Motor

Mengapa harus  Inreyen

Pada masa inreyen, permukaan dari komponen-komponen mesin yang saling bersinggunggan memiliki tingkat kehalusan yang tidak sama, walaupun di pabrikan komponen tersebut dibuat dengan mesin produksi yang memiliki tingkat presisi yang tinggi, permukaan mesin tersebut pada dasarnya tidaklah rata, ada yang berlubang, bergaris, dll.

Bahaya jika mesin motor dijalankan dengan tidak benar, maka komponen yang tidak rata tadi akan bergesekan terlalu cepat/berat sehingga akan lebih cepat aus, yang pada akhirnya akan merusak komponen mesin itu sendiri.

Manfaat Masa Inreyen

Dengan melakukan inreyen pada kendaraan baru kita, maka kendaraan baru tersebut akan lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar dan oli, dan umur kendaraan atau komponen mesin akan menjadi lebih awet.

Disamping itu inreyen tidak hanya bermanfaat untuk mesin saja, tetapi juga untuk Ban motor dan sistem pengeraman (rem).


Jika Inreyen Diabaikan

Apa yang terjadi jika inreyen diabaikan, pastinya bukan sesuatu yang bagus untuk motor kita, jika inreyen diabaikan dampaknya antara lain : konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros, konsumsi oli akan menjadi lebih boros (lebih sering ganti oli), umur mesin menjadi lebih singkat, dan parahnya kerusakan mesin menjadi lebih cepat terjadi.

Jadi Inreyen Wajib/Pilihan?

Seperti yang telah tertulis di buku panduan pemakaian kendaraan, masa inreyen pada dasarnya adalah kewajiban bagi para pemilik kendaraan, walaupun sebenarnya produsen telah melakukan hal tersebut, namun sebagai pemilik kendaraan, kita juga bertanggung jawab dalam merawat kendaraan kita.

·           Simak  : Motor Matic Tiba-tiba Mati, ini Penyebabnya


Sekian info mengenai  Apa Sebenarnya Masa Inreyen itu?, semoga berguna bagi para riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon