Kenapa Knalpot Motor Berbau Oli Terbakar



Asap Knalpot berbau Oli terbakar adalah problem yang sering terjadi, khususnya pada motor 2 tak


Merawat Motor  Salam Pembaca Motroad...  Bagi para Rider sepeda motor 2 tak, pasti mengetahui bahwa motor 2 tak menggunakan oli samping yang tentunya akan ikut terbakar di sistem pembakaran. Namun Oli samping saat ini telah dibekali dengan bau parfum khusus yang harum sehingga asap sisa hasil pembakaran akan terhirup wangi
Kenapa Knalpot Motor Berbau Oli Terbakar oli mesin untuk motor 2 tak (www.motroad.com)

Bau Oli Terbakar

Ketika Rider menemui asap knalpot yang dihasilkan motor 2 tak yang mengeluarkan bau tak sedap, hal ini sebenarnya diakibatkan pembakaran oli mesin, bukan oli samping yang terbakar.

Kebocoran di Ruang Pembakaran

Hal yang menyebabkan terbakarnya oli mesin tersebut adalah terjadinya kebocoran di ruang pembakaran motor 2 tak, seperti yang kita ketahui, dalam bagian blok mesin pada motor 2 tak ruang bahan bakar tidak terhubung dengan ruang transmisi, diantara ruangan tersebut terdapat sekat, disinilah terjadinya kebocoran oli mesin untuk motor 2 tak tersebut.

Laher Kruk

Bagian laher kruk as dan piston pada bagian mesin motor 2 tak, tidak dilumasi oleh oli mesin, namun dilumasi oleh oli samping. Oli samping dan oli mesin inilah yang terkadang ikut terbawa berbarengan dengan bahan bakar yang masuk ataupun yang dipompa oleh pompa oli ke dalam manipold dan ruang pembakaran.

Bau Oli terbakar
Seperti yang kita ketahui, pada bagain kruk tersebut, dimana di setiap sisi kanan dan kirinya terdapat oli seal yang menjadi penyekat ruang pembakaran dan ruang transmisi, hal ini yang tidak ada pada mesin motor 4 tak. Jika seal kruk bocor, maka akan membuat oli mesin motor 2 tak masuk ke ruang pembakaran dan akhirnya terbakar, hal  ini lah yang membuat asap knalpot anda berbau gosong atau berbau oli terbakar.

·           Read more : Oli Khusus untuk Matic – Pentingkah?

Tenaga Motor Berkurang

Seal Kruk yang bocor tersebut juga akan membawa problem lainnya bagi motor 2 tak anda, selain membuat asap motor menjadi bau, tenaga atau tarikan motor tersebut juga akan berkurang karena kebocoran tersebut menghasilkan juga kebocoran pada kompresi.

Oli Mesin Berkurang

Tentunnya dengan semakin banyaknya oli mesin yang terbakar, pada akhirnya oli mesin motor 2 tak tersebut juga akan berkurang. Hal ini akan berpengaruh pada daya tahan mesin motor.

Mengganti Bagian Seal Kruk

Untuk mengatasi problem diatas, hal yang perlu rider lakukan adalah dengan mengganti oli seal kruk as dengan yang baru, dengan melakukan hal tersebut tentunya bagian yang bocor bisa diatasi.

·           Read more : Motor Matic Mati Tiba-tiba, ini Penyebabnya

Sekian info mengenai  Kenapa Knalpot Motor Berbau Oli Terbakar, semoga berguna bagi para riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon