Simak Perawatan Motor Matic di Musim Hujan

Saat Musim Hujan, Motor Matic membutuhkan perhatian dalam perawatan komponen Transmisi

Merawat Matic - Salam Riders…para Riders Motoroad yang budiman…. Saat ini sebagian daerah di tempat rider tinggal mungkin sedang memasuki musim penghujan, biasanya kalau musim hujan seperti ini sebagian dari daerah pasti langganan banjir, biasanya kalau sudah banjir muncul banyak problem pada komponen motor matic, nah.. komponen yang riskan dan perlu perhatian lebih adalah gearbox, terutama pada sepeda motor matic dimana air filter/saringan udara nya agak rendah dan sering kemasukan air. Jika kemasukan air biasanya air tersebut akan mengalir ke gearbox.
Fungsi dari komponen Gearbox adalah untuk mereduksi putaran dari CVT pada sepeda motor matic dan menghantarkannya ke roda belakang
Pada artikel kali ini kita akan fokus pada cara merawat motor matic, dan komponen yang menjadi fokus kali ini adalah transmisi pada sepeda motor matic.
Perawatan Motor Matic di Musim Hujan motroad
image credit. vivanews.com 

Perhatikan Oli Gearbox

Gearbox motor matic harus selalu dipastikan bahwa oli yang melumasi komponen pada gearbox tersebut berfungsi dengan baik dan layak pakai. Karena hal tersebut sangat berpengaruh kepada kinerja motor matic rider sekalian.

Selalu pastikan juga pergantian oli transmisi tidak melebihi angka kelipatan jarak 8.000 KM, artinya walaupun belum terasa ada problem dalam kinerja gearbox namun jika telah melebihi kelipatan kilometer 8.000, Oli transmisi diusahakan untuk diganti, jika tidak kinerja transmisi motor matic tidak akan maksimal.

Tanggap di Saat Banjir

Pada saat banjir melanda, biasanya rider mungkin tidak sabar untuk menerjang genangan air tersebut, walaupun pada saat itu sepertinya tidak terjadi problem yang berarti, namun air yang masuk dan bercampur dengan oli transmisi dapat menimbulkan karat pada komponen gearbox. Untuk itu berhati-hatilah saat melewati genangan air pada saat banjir, Ingat Safety First!
Air yang masuk dapat menyebabkan karat pada komponen motor


Mengecek oli pada Gearbox

perawatan motor matic di musim hujan lubang penampungan oli motor
image credit. vivanews.com 

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan air masuk antara lain kemungkinan adanya kebocoran dari selang pernafasan di gearbox, untuk itu perlu selalu mengecek ada tidaknya kebocoran pada selang gearbox, untuk mengetesnya cek warna oli tersebut, biasanya oli yang tercampur air akan berubah warnanya menjadi putih atau istilahnya milky oil.
perawatan motor matic di musim hujan oli tercampur air
image credit. vivanews.com 

Periksa suara roda belakang

Hal lain yang bisa dilakukan dalam melakukan pengecekan komponen gearbox adalah dengan mengidentifikasi suara pada roda belakang, apabila terdapat suara kasar/tidak normal ketika roda ban motor belakang berputar kemungkinan adanya kerusakan pada komponen geabox tersebut
Sekian info mengenai Perawatan Motor Matic di Musim Hujan dari admin motrod, semoga berguna bagi para riders yang budiman, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon