Oli Mesin Motor – Mengapa mesin membutuhkan Oli Pelumas

Oli mesin motor berfungsi melapisi, mendinginkan, membersihkan dan memelihara mesin

Oli Mesin Motor - Salam Riders…para Pembaca Motroad yang budiman…. kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai oli mesin, khususnya oli mesin motor. Sejauh apa kegunaan dan fungsi oli tersebut, tentunya fungsi oli mesin ini sangat signifikan  fungsinya, sehingga sangat penting untuk memperhatikan pemilihan dan penggunaan oli mesin ini.
Oli Mesin Motor Motroad

Pentingnya Pelumasan

Oli Mesin layaknya seperti darah yang mengalir dalam tubuh manusia, selain berfungsi sebagai aliran yang menjaga kapasitas maksimal fungsi tersebut, juga bekerja sebagai pelumas yang berfungsi melumasi dan merawat keawetan komponen didalamnya, sehingga tanpanya, sudah pasti mesin tidak akan bekerja.

Kesalahan dalam memilih dan menggunakan pelumas tersebut juga dapat berakibat fatal, juga apabila salah memilih kualitas pelumas tersebut, penggunaan kualitas yang buruk dan terkontaminasi akan mengakibatkan kerusakan mesin dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama

Cara Kerja Pelumasan

Jika ditelaah dari sisi bagaimana cara mesin bekerja, kita mengatahui dalam mekanismenya, dua permukaan logam yang bergerak satu sama lain saling mendukung dan menciptakan suatu alur sistem kerja, dalam sitemkerja tersebut terdapat sentuhan ataupun gesekan antara dua atau lebih permukaan logam.

Lama kelamaan jika terus terjadi gesekan maka akan terjadi keausan mesin. Untuk menghindari atau mengurangi kemungkinan keausan tersebut, diperlukan cairan yang berfungsi melumasi komponen logam mesim, Nah disinilah fungsi pelumasan dari Oli mesin.

·           Simak  : Minyak Rem Motor-  Mengenal lebih dekatdengannya

Kegunaan Lain Oli Mesin

Disamping kegunaan yang telah disebut kan diatas, juga terdapat beberapa fungsi lain dari oli mesin, antara lain
1.    Menjadi zat Pelapis dari komponen logam mesin;
2.    Mengurangi tingkat keausan Komponen Mesin;
3.    Menginginkan mesin dari Panas hasil gesekan komponen;
4.    Membersihkan mesin dari kotoran dan membawanya ke filter oli;
5.    Memaksimalkan kompresi dan mempertahankan tekanan sehingga konsumsi bahan bakar menjadi efektif;
6.      Memelihara kebersihan mesin.

·           Simak Juga : Oli Mesin Motor – Seberapa Sering Harus Diganti?


Sekian info mengenai Oli Mesin Motor – Mengapa mesin membutuhkan Oli Pelumas, semoga berguna bagi para riders yang budiman, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….



Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon