Brake Fluid – Mengetahui Spesifikasi Minyak Rem Motor

Mengetahui spesifikasi brake fluid (Minyak Rem) DOT 2, DOT 3, dst..


Minyak Rem Motor - Salam Riders…para Pembaca Motroad yang budiman…. Pada Artikel kali ini admin ingin mengajak para riders mengetahui secara lebih detail arti spesifikasi brake fluid atau minyak rem atau biasa juga disebut dengan oli rem, setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas secara umum tentang kualitas minyak rem motor, kali ini kita membahas lebih dalam atas spesifikasi yang terdapat pada minyak rem motor.
image : suaramerdeka.com

Sistem Pada Kendaraan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sistem pengereman pada kendaraan memiliki fungsi yang amat vital, dimana sistem pengereman dirancang untuk mengurangi kecepatan dan memperlambat lalu menghentikan kendaraan.

Prinsip dasar dari pengereman adalah memanfaatkan tenaga hidrolik/hydraulic untuk menggerakkan master cylinder yang akan mengaktifkan rem pada roda.

Untuk itu dibutuhkan fluida (cairan) agar sistem tersebut dapat bekerja, Fluida yang digunakan adalah fluida khusus yang berfungsi tidak hanya sebagai pelumas saja tapi juga sebagai media perantara yang akan mentransmisikan hasil dari tenaga hydraulic tadi ke seluruh sistem pengeraman agar dapat bekerja, Nah.. Fluida inilah yang kita sebut sebagai brake fluid atau minyak rem.

Spesiikasi Minyak Rem

Sekarang ini, standar untuk melalukan spesifikasi pada brake fluid mengacu kepada standar yang telah ditetapkan dari United Stated Department of Transportation (USA DOT) atau Departemen Perhubungan Amerika Serikat, disinilah istilah DOT yang sering kita dengar berasal,k lasifikasi ini ditandai dengan istilah DOT 2, DOT 3, DOT 4 dan DOT 5 serat DOT 5.1

Semakin tinggi angka yang tertera pada DOT menunjukan angka titik didihnya yang semakin tinggi pula, semakin tinggi titik didih menandakan kualitasnya yang semakin bagus.


Saat ini minyak rem yang dapat kita temui beredar dipasaran adalah DOT 3, DOT 4, DOT 5, dan DOT 5.1.

Semakin tinggi titik didih, semakin bagus kualitas minyak rem motor


Spesifikasi DOT

Bahan dasar

Untuk minyak rem yang masuk ke DOT 2, adalah menggunakan bahan dasar castor oil, atau biasa kita sebut minya jarak, sedangkan DOT 3, DOT 4, dan DOT 5.1 menggunakan bahan dasar  yang terdiri dari beberapa mineral oil, glycol esters, ether dan ada juga yang telah menggunakan oli sintetis (buatan).

DOT 3 dan DOT 4 terbuat dari bahan dasar berupa Glycol, (Glycol adalah bahan dasar untuk coolant Radiator dan juga bahan dasar pengencer cat)

DOT 5 memiliki bahan dasar silicone, penggunaan silikon ditujukan untuk mengatasi masalah atas penyerapan air oleh minyak rem yang timbul pada minyak rem jenis sebelumnya, karena silikon bersifat tidak menyerap air dan memiliki titik didh yang tinggi

Sehingga pemakaian DOT 5 tidak dapat saling menggantikan dengan minyak rem lain yang berbahan dasar glycol.

DOT 5.1 menggunakan bahan dasar glycol dan menggunakan zat aditif (penambahan) borate ester dengan komposisi penambahan sekitar 70%-80%, dengan adanya penambahan ini titik didih DOT 5.1 lebih tinggi.

Pengunaan Minyak Rem

Pada dasarnya, semua Minyak rem dengan spesifikasi DOT dapat saling menggantikan (selain DOT 5), namun yang menjadi pembeda adalah ketahananya atas temperatur (suhu).

DOT 3 dan DOT 4 memiliki kekurangan yaitu gampang menyerap kadar uap air dari lingkungan, artinya dengan kelemahan ini mengakibatkan kinerja rem kurang optimal, karena diakibatkan adanya air pada oli rem yang akan menyebabkan penurunan titik didih minyak rem tersebut. Masalah lain juga timbul dari kelemahan ini adalah timbulnya karat pada komponen,

DOT 5 memiliki diciptakan untuk mengatasi permasalahan penyerapan air pada dua DOT sebelumnya, namun DOT 5 juga memiliki kelemahan yaitu kemampuan melumasnya menurun pada suhu tinggi, artinya kemampuan kinerja minyak rem DOT 5 (Viskositas) sangat tergantung pada perubahan suhu.

DOT 5.1 memiliki memiliki sifat mengalir yang lebih baik dibandingkan yang lain, oleh Karena itu sangat cocok untuk digunakan untuk sistem pengereman ABS.


·          Simak Juga : Oli Mesin Motor – Seberapa Sering Harus Diganti?



Sekian info mengenai Brake Fluid – Mengetahui Spesifikasi Minyak Rem Motor admin motrod, semoga berguna bagi para riders yang budiman, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon