Tips Aman Mudik dengan Sepeda Motor



Mudik dengan sepeda motor menjadi pilihan alternative, asalkan jangan lupakan persiapan guna menjamin keselamatan dan keamanan selama mudik

Salam Riders motroad.com Mudik sudah merupakan kegiatan wajib yang dilakukan masyarakat Indonesia. Umumnya mudik dilakukan pada pada hari raya besar keagamaan seperti misalnya hari raya Idul Fitri dan hari raya natal yang berdekatan tahun baru, biasanya pada hari hari itu hari libur yang tersedia lumayan banyak digunakan untuk mudik.

Tips  Aman Mudik dengan Sepeda Motor (www.motroad.com)

Mudik dengan Motor
Walau sebenarnya banyak pilihan transportasi mudik yang tersedia seperti kereta api, bus, pesawat terbang, kapal laut dll. Namun pilihan mudik dengan dengan sepeda motor nampaknya masih menarik bagi rider rider pemudik. Disamping dapat menghemat biaya transportasi, motor yang dipakai mudik juga bisa digunakan sebagai alat transportasi di kampong halaman.

Tapi yang harus diingat, agar selalu mengutamakan keselamatan, kesehatan dan kenyamanan dalam perjalanan  mudik, untuk itu beberapa hal perlu diperhatikan sebelum berangkat mudik dengan sepeda motor:


1.  Persiapan Fisik Motor
Lakukan Servis motor secara full, kenali apa saja masalahnya dan  selesaikan semuanya di tempat servis langganan terpercaya. Lakukan ganti oli, periksa kondisi busi, lampu depan, ban dll, siapkan cadangan kalau perlu.

Bagus juga jika mengganti ban dengan ban tubeless untuk jaga-jaga jika ban bocor di jalan. Jika memang terpaksa memperbaiki sendiri jangan lupa bawa alat alat seperti obeng, tang, kunci, gunting dll.

2.  Administrasi Kendaraan
Persiapkan segala macam administrasi dan surat-surat yang dibutuhkan selama perjalanan seperti KTP, SIM, STNK. Ada baiknya juga menuliskan di selembar kertas nomor telepon kerabat yang bisa dihubungi untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu dijalan.

3.  Persiapan Rider
Rider harus dalam kondisi fit sebelum pergi, karena mudik dengan motor sangat membutuhkan kondisi fisik yang fit. Jangan sampai kelelahan sebelum  berangkat, hindari melakukan begadang sebelum berangkat malam.

Kondisi jalan yang macet atau kelamaan duduk di jok motor juga dapat membuat badan pegal-pegal atau pinggang sakit. Maka usahakan agar tubuh benar-benar fit dan istirahatlah yang cukup dan makan teratur sebelum perjalanan.
Jangan lupa membawa jas hujan untuk mengantisipasi hujan lebat dijalan, pakai jaket motor yang cukup nyaman saat dipakai, ukuran harus sesuai, tidak ketat dan tidak terlalu longgar.

Pakailah sarung tangan motor yang nyaman yang tidak terlalu panas dan tidak membuat keringetan. Siapkan masker motor untuk menghindari udara kotor dijalan. Siapkan juga helm yang aman dipakai selama perjalanan jauh, Full Face mungkin lebih baik dan lebih aman.

Jangan lupa gunakan sepatu.

4.  Perbekalan dijalan
Bawalah makanan perbekalan yang praktis dan mengenyangjkan, seperti roti manis. Bawalah air putih yang cukup, jangan sampai kena dehidrasi di jalanan. Minumam berenergi juga bisa dibawa untuk merefresh kondisi badan.

Siapkan obat-obatan  seperti obat mabuk perjalanan, obat sakit kepala, masuk angin, plester perban, anti septic luka dll. Siapkan juga multivitamin.




5. Selama Perjalanan
Rencanakan rute perjalanan sebelum berangkat, bisa dalam bentuk Peta atau Map. Karena menggunakan motor maka perjalanan akan jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan mobil, karena itu penggunaan aplikasi seperti google map menjadi sangat berguna untuk mencari jalur alternatid jika ternyata rute utama macet total.

Ada baiknya perjalanan dilakukan dengan berkonvoi lebih dari 4 motor, dan perjalanan dilakukan secara bersama sama. Tentukan titik-titik pemberhentian untuk istirahat dan makan, misalnya di rumah makan “AA”di kilometer 100 di kota A.

Gunakanlah waktu istirahat yang cukup sehingga badan menjadi fresh lagi untuk melanjutkan perjalanan.

Ada baiknya juga untuk stay tune terus di berita berita lalu lintas, gunanya untuk memantau kondisi jalanan.

Sekian info mengenai Tips  Aman Mudik dengan Sepeda Motor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, 

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon