Kelebihan mengisi Ban dengan Nitrogen



Ketahui Kelebihan Pengisian Nitrogen (N2)  Pada Ban Motor sebelum mengisi ban motor dengan nitrogen

Kelebihan mengisi Ban dengan Nitrogen (www.motroad.com)

Salam Riders motroad.com … Penggunaan nitrogen sebagai pengisi ban motor sudah banyak sekali digunakan, mungkin rider pembaca juga sudah tidak ketinggalan menggunakan nitrogen di ban motor, Dibandingkan dengan penggunaan angin/udara sebagai bahan pengisi ban, ternyata nitrogen memiliki keunggulan dibandingkan dengan angin.

banyak rider yang bilang kepuasannya setelah memakai ban yang diisi nitrogen, dan banyak juga tulisan tulisan dari blogger yang bilang bahwa ban nitrogen ternyata lebih enak dipakai, lebih enteng, lebih tahan lama tekanannya dll

Yuk kita lihat apa saha sih kelebihan ban motor yang diisi dengan nitrogen.



1.  Lebih Aman
Ban menjadi stabil karena tekanan ban lebih terjaga (tidak gampang kempes).  Dengan Tekanan yang lebih terjaga maka ban pun tidak gampang bocor, Kestabilan berkendara menjadi lebih terjaga sehigga otomatis keamanan pengendara pun lebih terjamin.

Daya cengkram rem pun menjadi lebih optimal karena cengkraman (grip) yang lebih baik  karena stabilnya tekanan ban, sehingga meningkatkan keamanan berkendara.

Tekanan yang lebih stabil tadi dan sifat nitrogen yang lebih resist terhadap perubahan suhu udara  sekitar juga membuat ban motor menjadi lebih tahan bocor, sehingga menghindari risiko kecelakaan karena pecah ban.

2.  Lebih Nyaman
Walau hal ini relative, tapi penggunaan nitrogen membuat ban menjadi lebiih dingin (karena suhu nitrogen lebih dingin dibandingkan dengan suhu udara), Kalau ban isi angin jika kena panas bisa mengembang dan ikutan panas.

Dengan suhu yang relative lebih dingin (sekitar 16-20 derajat Celcius) otomatis kenyamanan berkendara menjadi lebih terjamin karena kondisi ban motor tidak gampang mengembang atau menyusut. Kinerja ban pun menjadi lebih optimal.

3.  Lebih Irit
Nitrogen memiliki berat masa jenis yang lebih ringan dan stabil dibandingkan udara, sehingga hal ini mempermudah kinerja mesin yang pada akhirnya membuat motor menjadi leibh irit BBM (bahan bakar minyak).

Selain itu nitrogen juga menjaga tekanan ban tetap pada kondisinya (jarang kemps) karena suhu nitrogen tidak naik turun mengikuti suhu lingkungan.

4.  Lebih Awet
Nitrogen memiliki sifat non korosif dibandingkan udara (karena udara terdapat unsur Oksigen yang dapat menyebabkan korosi/karat), juga mengurangi tingkat terjadinya proses oksidasi pada ban sehingga ban menjadi lebih awet dan memperpanjang umur penggunaan ban.

Sekian info mengenai Kelebihan mengisi Ban denganNitrogen  Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, 

Latest

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon