Knalpot Racing Motor - Yuk Pahami dulu Plus Minusnya


Knalpot Motor Racing cocok untuk motor dengan parts racing, sehingga menambah tenaga dan performa motor.



Knalpot Racing Motor - Salam Riders motroad.com …  Pada dasarnya knalpot berfungsi sebagai peredam hasil pembakaran (biasanya sih ada yang bilang ledakan) di ruang pembakaran mesin. Nah Ledakan tersebut sebetulnya menimbulkan suara yang sangat bising.
     
Knalpot Racing Motor -  Yuk Pahami dulu Plus Minusnya (www.motroad.com)      
image : wrxracingfans.com
Maka untuk meredam suara tersebut agar tidak bising, hasil sisa pembakaran tidak langsung keluar ke udara terbuka, gas buang tersbut harus terlebih dahulu mlewati saluran peredam suara (muffler) di dalam knalpot.

Knalpot Racing
Knalpot racing motor atau knalpot motor balap  biasanya digunakan untuk motor yang memang diperuntukan untuk racing (balapan). Hal ini sudah sesuai karena peruntukan knalpot racing memang pas dengan motor balap yang memiliki mesin yang tidak standard dan dikondisikan untuk balapan.

Sehingga knalpot racing pada motor balap akan meningkatkan performa motor dengan menghasilkan kompresi tambahan yang berujung pada lebih cepat dan kencang akselerasinya.

Selain tarikan yang lebih bertenaga, suara yang dihasilkan knalpot motor racing pun lebih kencang dan berisik. Suara berisik tersebut sih cocok-cocok aja kalau digunakan di arena balapan, karena motor akan menjadi lebih garang dan memiliki power untuk mengintimidasi lawan saingnya di arena balap.


Lebih Kencang
Sebagian rider berpendapat bahwa penggunaan knalpot racing akan menghasilkan performa mesin yang lebih kencang dan bertenaga. Eits nanti dulu, memang knalpot racing dapat menghasilkan hal tersebut, tapi terbatas pada motor yang memang telah memiliki mesin yang tidak standar dan cocok untuk balapan.

Untuk itu penggunaan knalpot racing seharusnya hanya digunakan pada motor yang sudah memiliki parts untuk racing. Dan usahakan gunain knalpot racing yang sudah memiliki brand dan terjamin mutu kualitasnya. Jagan sampai asal beli knalpot racing di pinggir jalan, apalagi aftermartet dan merknya udah gak jelas. Lebih baik sayang motor lah.. hehe…

Knalpot Motor Bebek Racing
Penggunaan knalpot racing pada motor standar sebetulnya tidak disarankan, apalagi untuk motor yang menggunakan sistem pembuangan jenis freeflow di motor bebek atau motor matic. Biasanya motor dengan jenis ini memiliki suara knalpot yang hening dan lembut, sehingga untuk sebagian rider menjadi tidak greget dibawa jalan di jalan raya.

Menutur artikel di beritagar.id, penggunaan knalpot motor racing pada motor dengan sistem freeflow harus dibarengi dengan penyetelan ulang sistem penyuplai bahan bakar electronic control unit (ECU). Jika tidak distel ulang, alih-alih mendapatkan performa mesin yang mumpun, yang didapat malah putaran mesin yang tidak stabil.

Selain itu sebelum dipasang knalpot racing, beberapa modifikasi pada motor standar mutlak diperlukan. Antara lain melakukan porting polish, mengubah setelan celah klep, dan memperbesar spuyer (oto.detik.com).

Untuk motor dengan teknologi injeksi, pneggantian ke knalpot racing harus dilakukan di bengkel resmi atau bengkel knalpot motor yang memiliki diagnostic tool untuk mengukur ECU tadi.

Bahan Bakar Lebih boros
Penggunaan knalpot racing pada motor akan menaikkan konsumsi bahan bakar,  selain itu juga abis kocek rider untuk memodif dari knalpot standar ke racing.

Apalagi untuk motor programmed fuel injection (PGMFI) yang menggunakan 02 sensor yang menempel di bagian knalpot, jadi bahakn bakar yang keluar tidak terdetek, ongkos pasangnya mahal pula, harga knalpot racing juga jadi pertimbangan.

Mesin Jadi Berisik
Nah ini otomatis, kalau dilihat sih keuntungannya Cuma motor jadi lebih berisik dan terdengar garang dijalan. Untuk keren-kerenan rider aja, pas lewat jalan raya rider yang lain akan minggir semua karena motor kita terlalu berisik. Yang ada malahan disumpahin sama pengendara lain

Selain itu, emisi gas buang relatif berhahaya karena emisi gas buang tidak tersaring  di catalytic converter, selain polusi udara juga polusi suara.

Jangan lupa untuk main tikus-tikusan sama polisi lalu lintas, di beberapa kota di Indonesia, khususnya di Kota-kota besar telah melarang penggunaan knalpot racing, jadi berhati-hatilah takut nanti ditilang.


Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika
berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon