Tips Merawat Warna Cat Motor Tetap Awet dari Faktor Non-Alam



Cat Motor dapat Memudar karena faktor alam dan faktor non-alami beberapa hal faktor non alam antara lain: Salah penggunaan sabun cuci motor, Penggunaan Zat Kimia yang berlebihan, terkena oli atau minya rem, serta kebiasaan jarang mencuci motor






Cat Motor - Salam Riders motroad.com Setelah pada postingan sebelumnya kita membahas Tips Menjaga Warna Cat Motor Tetap Awet dan Kinclong dari Faktor Alam, yaitu tentang postingan bagaimana matahari, air hujan dll dapat membuat warna cat motor menjadi pudar dan kusam. 
 
Tips Merawat Warna Cat Motor Tetap Awet dari Faktor Non-Alam (www.motroad.com)                      
illustrasi cuci motor, image:womags.com
Pada postingan tersebut telah dibahas mengenai cara merawat atau paling tidak mengurangi dampak dari faktor alam tersebut terhadap warna cat motor.


Faktor non Alam
Selain faktor alam, terdapat juga faktor non alam yang dapat mempengaruhi tingkat kejernihan warna cat motor rider semua.. faktor non alam didefiniskan sebagai faktor yang terjadi karena kebiasaan pemakaian sehari hari serta perawatan yang tidak pas.

Terntunya faktor ini dapa diminimalisir dampaknya dengan mengetahui sejauh mana pengaruh pengaruh kebiasaan tersebut atau menghilangkan kebiasaan penggunaan tersebut.

Selama rider mengetahui dampak dari kebiasaan dan knowledge-nya, mudah mudahan dampaknya dapat dikurangi

1.  Sering Mengoleskan Zat Kimia di body
Terkadang kita menggunakan produk-produk oles atau ynag biasa disebut semir motor yang memang ditujukan untuk mengkilapkan cat motor atau mempercantik warna motor. Dalam jangka waktu yang singkat, motor pun menjadi lebihbersinar dan kinclong.

Ada kepuasan sendiri setelah melihat warna cat motor menjadi lebih kinclong dan bersinar, namun hati-hati, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan kebiasaan ini, antara lain kondisi motor yang mau dioles haruslah benar-benar bersih, atau usahakan poleslah setelah mencuci bersih body motor.

Pada saat memoles, jangan sampai motor dalam keadaan motor, karena kotoran yang menempel di body tadi akan membuat cat motor kusam. Sebagai contoh kotoran aspal yang menempel di body cat akan bereaksi dengan zat kimia yang terkandung dalam semir body, dan membuat kusam body ketika dipoles, apalagi jika sudah diratakan saat dipoles, alih-alih jadi bersih.. yang ada malah jadi tambah gelap.
 
Tips Merawat Warna Cat Motor Tetap Awet dari Faktor Non-Alam (www.motroad.com)                      
illustrasi poles body, image:otomotifnet.com
Tapi, hal ini bukan berarti rider tidak boleh memoles body motor, usahakan memoles dalam keadaan motor bersih, kira kira sehabis dicuci bersih, setelah yakin kondisinya bersih, barulah dapat dipoles dengan produk semir/olesan motor. Selain itu juga pastikan produk yang rider gunakan adalah produk yang telah teruji kualitasnya.. jangan pakai produk asal-asalan.

Pada praktiknya, disarankan jangan terlalu sering memoles dan menyemir cat motor dengan produk tersebut, cukup sehabis mencuci saja. Karena sebenarnya zat kimia yang terkandung dalam produk oles semir motor tersebut akan mengikis lapisan cat motor dan merusaknya lama-kelamaan jika dipakai terlalu sering.

Bagusnya sih langsung poles saja di bengkel perawatan, selain aman dan terjamin. Produk yang digunakan juga pasti berkualitas.

2.  Cuci Motor Pakai Sabun Colek atau Shampoo Rambut
Terkadang sebagai orang Indonesia pada umumya, kita memiliki kebiasaan untuk meng-efisiensikan penggunaan alat-alat yang ada dirumah, walaupun jadinya salah kaprah, seperti menggunakan sabun colek untuk mencuci motor, atau shampoo pencuci rambut untuk mencuci motor. Ya.. daripada beli Sabun/Shampoo Motor yang harganya lumayan, lebih baik gunain Sabun/Shampoo yang ada dirumah… Begitu kira-kira.

Sabun colek dan shampoo rambut memiliki kandungan yang berbeda dengan shampoo motor, tujuannya penggunaannya pun berbeda, satu sama lain tidak dapat saling menggantikan. Rider gak bisa keramas pake shampoo motor, kalo dilakukan, walhasil rambut bukannya makin kinclong, malah rontok dan botak.

Tips Merawat Warna Cat Motor Tetap Awet dari Faktor Non-Alam (www.motroad.com)

Sama halnya dengan analogi diatas, mencuci motor tidak bisa menggunakan sabun colek atau shampoo rambut. Jika dipaksakan, bukannya motor menjadi bersih tapi malah merusak warna cat motor. Zat kimia yang terdapat dalam shampoo rambut akan merusak lapisan cat warna motor sehingga menjadikan warna motor kusam.

JIka memang Rider salah satu contoh yang sering mencuci motor sendiri, ada baiknya anggarkan biaya untuk membeli sabun dan shampoo khusus pencuci motor. Daripada cat motor jadi kusam.

3.  Cat Motor terkena Minyak Rem
Kandungan yang terdapat dalam minyak rem cukup berbahaya bila terkena cat motor. Jika terekspos secara langsung dengan minyak rem, warna cat motor gampang sekali menjadi kusam, dan parahnya jika sudah menempel sangat sulit sekali dibersihkan.

Maka dari itu ada baiknya Rider selalu berhati hati dalam menggunakan minyak rem, jangan sampai terkena body motor jika tak ingin warna motor menjadi kusam dan sulit dibersihkan.

4.  Jarang Mencuci Motor
Kebiasaan malas mencuci motor menjadi salah satu musuh terbesar Rider, yaps,,, banyak alasannya, tidak ada waktulah… tidak sempatlah.. bentar lagi Hujanlah… atau yang paling popular… nanti juga kotor lagi karena sedang musim hujan..

Hehe.. tapi jangan salah loh… Justru air hujan yang dibiarkan kelamaan menempel di cat motor akan mengikis lapisan cat motor dan membuat warnanya jadi kusam apabila dibiarkan, karena di dalam air hujan bercampur berbagai macam zat kimia yang ikut terbawa bersamaan dengan turunnya hujan, dan juga debu dan kotoran yang berterbangan ikut menempel di air hujan.

Dibiarkan lama sedikit menempel di body motor, hasilnya warna cat motor akan lebih kusam dan sulit dibersihkan.


Sekian info mengenai Tips Merawat Warna Cat MotorTetap Awet dari Faktor Non-Alam Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon