Awas Salah Pakai Sabun Cuci - dapat Rusak Warna Cat Motor



Pemakaian Sabun Colek, Shampoo Pencuci Rambut, atau Deterjen untuk mencuci motor dapat merusak warna cat motor.




Warna Cat Motor - Salam Riders motroad.com Kegiatan mencuci motor sendiri dirumah (tanpa di tempat cucian motor) dapat menjadi keasyikan tersendiri bagi para Riders, terutama bagi yang senang main air. Kegiatan mencuci motor sendiri dirumah juga dapat digunakan untuk waktu merenung sambil berkontemplasi memikirkan sesuatu sambil autopilot melakukan cuci motor.
Awas Salah Pakai Sabun Cuci - dapat Rusak Warna Cat Motor (www.motroad.com)

Buat Riders yang gemar mencuci motornya sendiri dirumah,  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, selain teknik mencucinya agar dapat menjangkau daerah-daerah tersembunyi yang biasanya ada dibalik rangka motor, sela sela frame body dll. Hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sabun pencuci motor yang tepat.

Pentingnya penggunaan sabun cuci motor ini sangat berkaitan erat dengan awetnya warna cat motor, terlebih lagi biasanya bagi yang sering mencuci motornya sendiri dirumah sering asal-asalan dalam memilih sabun cucinya, asalkan berbusa banyak dan bersih sudah dianggap cukup.

Awas Salah Pakai Sabun Cuci - dapat Rusak Warna Cat Motor (www.motroad.com)
Bahanya lagi sabun cuci motor yang sering digunakan adalah bukan sabun khusus yang memang dimanufaktur/diproduksi untuk mencuci motor, tapi asal menggunakan sabun colek, deterjen, atau shampoo pencuci rambut. Jika sudah begitu jangankan menghilangkan noda yang membandel, walhasil warna cat motor malah rusak.

Kandungan yang bersifat panas dalam sabun colek/deterjen
Sebenarnya jika digunakan dalam jangka waktu singkat, memang sabun cuci tersebut dapat membersihkan kotoran dan noda yang menempel di body motor, namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua sabun tersebut cocok digunakan sebagai sabun pencuci motor.

Sebagai contoh sabun colek atau sabun pencuci piring yang biasa digunakan untuk mencuci piring, gelas, dandang dll, atau deterjen yang secara umumnya dipakai untuk mencuci pakaian. Sabun-sabun tersebut memiliki karakteristik yang bersifat panas

Memang jika digunakan dapat membersihkan body motor, namun jangan kaget jika lama-kelamaan digunakan akan melunturkan cat motor karena sifatnya yang panas. Kalau cat motor sudah luntur seperti itu, maka dibersihkan dan dicuci seperti apapun tidak akan dapat kembali seperti semula.

Jikapun terpaksa digunakan, gunakanlah hanya untuk membersihkan bagian sela sela motor, bagian bawah motor, dan jangan digunakan pada bagian cat motor.


Kandungan Berbeda pada Shampoo Rambut
Penggunaan shampoo pencuci rambut pun tidak disarankan untuk membersihkan body motor, terutama pada bagian yang terdapat cat motor. Hal ini karena kandungan dalam shampoo pencuci rambut terdapat zat yang kurang friendly kepada cat motor.

Shampoo untuk rambut dibuat dengan memiliki macam-macam tujuan, ada yang untuk menghilangkan ketombe, mencegah kerontokan, membuat bersinar dll. Dalam pembuatannya sudah ditambahkan macam-macam zat campuran yang kurang baik efeknya kepada cat motor.

Salah-salah digunakan malah akan menimbulkan noda pada body yang tak dapat dihilangkan karena zat-zat tersebut dapat lengket dengan cat motor, selain itu ada beberapa zat yang dapat mengikis lapisan cat motor.

Gunakan Sabun Khusus Pencuci Motor
Gunakan selalu sabun khusus pencuci motor jikalau Riders ingin aktivitas mencuci motor dirumah tidak dibayangi perasaan khawatir akan rusaknya warna cat motor kesayangan. Sabun pencuci motor telah di produksi agar kandungannya dapat friendly dengan cat motor.

Daripada aktivitas mencuci motor dirumah dibayangi oleh perasaan cemas warna cat motor jadi kusam. Lebih baik gunakan produk yang nyata nyata telah di desain sesuai dengan kegunaannya masing-masing.



Sekian info mengenai Awas Salah Pakai Sabun Cuci- dapat Rusak Warna Cat Motor  semoga berguna bagi para Riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon