Tips Membersihkan Helm Sepeda Motor Secara Baik dan Benar




Helm Motor yang jarang dibersihkan dan di cuci bisa bau apek dan kotor, bahanya lagi bisa berjamur dan hal ini tidak baik untuk kulit kepala



Tips Motor - Salam Riders motroad.com Helm sebagai salah satu attribut berkendara sepeda motor memiliki fungsi yang tidak hanya sebagai pelindung kepala rider dari apaun yang membahayakan, tetapi juga sebagai penunjang faktor estetika ketika berkendara.

Tips Membersihkan Helm Sepeda Motor Secara Baik dan Benar (www.motroad.com)

Jikalau sepeda motornya keren dan trendi namun jika tidak didukung dengan helm yang keren dan trendy juga tidak cocok, gak matching kalau kata anak muda jaman sekarang, apalagi pilihan warna, model, dan jenis helm saat ini suda sangat banyak dan menarik.

Faktor Kebersihan
Tentunya faktor kenyamanan dan keindahan tidak akan cukup jika kebersihan helm itu sendiri tidak terjaga, kebersihan helm sangat berhubungan erat dengan kenyamanan rider sekaligis kesehatan rider, khususnya kulit kepala.

Helm motor yang berbau tidak enak atau ‘bau apek’ akan menyebabkan kenyamanan berkendara menjadi terganggu, apalagi kalau helm kotor, bisa-bisa rider menjadi ketombean rambutnya.


TIPS MEMBERSIHKAN HELM SEPEDA MOTOR

1.   LEPASKAN BAGIAN-BAGIAN HELM
Bagian seperti penahan pipi, busa penahan dll, tujuannya agar bagian dalam helm dapat dibersihkan secara merata. Lepas juga bagian kaca helm, jangan mencuci dengan kaca yang terpasang, kalau tidak bisa membuat kaca hel baret-baret, kalau memang tidak bisa dilepas, usahakan hati-hati dalam mencucinya, Kaca helm cukup dibersihkan dengan cairan khusus pembersih kaca motor, atau bisa gunakan cairan pembersih kaca rumah

2.   GUNAKAN SHAMPOO
Jika ada shampoo khusus dapat menggunakan shampoo khusus, jika tidak dapat menggunakan shampoo pencuci rambut biasa. Usahakan shampoo yang dipilih tidak terlalu berbau, dan shampoo pencuci rambutnya tidak memiliki tujuan khusus, misalnya mencegah kerontokan.,

3.   CUCI HELM
Cucilah helm layaknya mencuci sepatu, kalau perlu disikat, sikatlah menggunakan sikat yang lembut, jagan sampai merusak bagain dalam helm, cucilah sampai bagian dalam dan bagian luar berbusa, cuci

4.   BILAS
BIla helm sudah bersih dan sudah mencapai bagian bagian dalam helm secara keseluruhan, bilaslah dengan air bersih, jangan sampai ada sisa shampoo dan busa yang tersisa, gunakan air dengan suhu normal.

5.   JEMUR HELM
Jika proses membersihkan sudah selesai, jemurlah helm dengan suhu luar ruangan, atau diangin-angin kan, usahakan jangan menjemur  ditempat yang terlalu panas, karena jika helm sudah kering, helm akan bau apek seperti bau sinar matahari.

6.   BERSIHKAN SELALU
Usahakan bersihkan helm rider selama minimal sebulan sekali untuk menjaga kesehatan kulit kepala rider, jika helm yang bau dan kotor terpaksa digunakan, usahakan memakai penutup atau pelindung kulit kepala terlebih dahulu sebelum memakai helm.




Sekian info mengenai Membersihkan Helm Sepeda Motor Secara Baik dan Benar  Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon