Pasar Sepeda Motor di luar Jawa Terjun Bebas

www.motroad.com – Tahun 2015 sepertinya bukan tahun yang baik untuk para industry sepeda motor di Indonesia, penurunan penjualan terjadi seiring dengan pelambatan ekonomi RI sepanjang tahun 2015.

Pasar Sepeda Motor di luar Jawa Terjun Bebas (www.motroad.com)

Terlebih lagi diluar pulau jawa, penurunan penjualan ini menurun jauh dari tahun sebelumnya sebesar 39% dari total penjualan di Indonesia, menjadi hanya 30% dari total penjualan, dengan angka penjualan total yang juga turun.

Sumatera menyumbang penjualan terbesar (16,85%) dari total penjualan diluar Jawa, disusul Sulawesi, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, dan Papua.

Daerah diluar pulau jawa yang mayoritas mengantungkan dari hasil pertambangan dan hasil alam lainnya seperti perkebunan dan pertanian mengalami pernurunan daya beli yang mayoritas disebabkan turunnya harga komoditas tersebut.

Ketua Bidang Komerial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengatakan bahwa penyusutan penjualan di luar pulau Jawa cukup memberikan dampak yang signifikan terhadap total penjualan sepeda motor secara nasional. Penjualan di wilayah ini cukup rentan karena penyerap produk adalah sektor informal yakni perkebunan dan sektor pendukung pertambangan,

Produk seperti kakao, kelapa sawit, karet, batubara dan beberapa komoditas lainnya membuat buruh tani, kebun dan buruh tambang kehilangan daya beli, karena mayoritas konsumen pengguna sepeda motor diluar jawa adalah para pekerja dibidang ini.

Selain itu banyak juga usaha pendukung tambang yang  tutup usaha karena core business sudah tutup terlebih dahulu, hal ini lah yang terjadi di usaha pertambangan batubara, khususnya di Kalimantan dan Sumatera.

Prediksi penurunan tersebut sudah dirasakan sejak kuartal pertama 2015, dan tren penurunan tersebut terus berlanjut sampai 2015 berakhir.

Walaupun total data penjualan di tahun 2015 belum dirilis secara resmi oleh AISI, beberapa sumber mennyebutkan angka penjualan mencapat 6,47 Juta Unit





Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon