Mengatasi Rem Tidak Pakem dan Licin Kena Oli



Oli yang menempel di Kampas dan Cakram menyababkan rem menjadi tidak pakem dan licin


Rem Motor Tidak Pakem - Salam Riders motroad.com Komponen dalam sistem pengeraman adalah salah satu komponen yang paling penting dalam sepeda motor, kenapa? Karena komponen inilah yang menjaga keselamatan pengendaranya.

Rem Cakram Tidak Pakem Karena Licin Oli ( www.motroad.com )

Pernah mengalami rem tidak pakem atau licin, padahal tidak ada problem dalam komponen rem seperti cakram, kampas dll, salah satu penyebabnya mungkin adalah adanya oli yang menempel pada kampas atau cakram tersebut.

Oli Yang Menempel                                                                

Oli yang menempel pada komponen pengereman menyebabkan proses mengerem menjadi tidak maksimal, karena oli membuat permukaan komponen rem menjadi licin, sehingga gesekan antara kedua permukaan kanvas dan cakram menjadi licin dan tidak kuat menahan motor untuk melakukan mekanisme pengereman.

Shock Depan Bocor                                                              

Kenapa oli bisa sampai ke cakram atau kampas rem depan? Nah.. salah satu penyebabnya adalah bocornya shockbreaker (suspensi) depan (di ban depan) sehingga cairan pelumas atau oli dalam shock tersebut keluar dan melumuri cakram atau kampas rem. Hal ini salah satu kejadian penyebab kenapa oli bisa sampai ke rem.

Maka dari itu selalu periksa tanda-tanda kalau shockbreaker mengalami kebocoran atau rusak, biasanya kalau sudah oleng sedikit kesalah satu sisi (kanan atau kiri).

Cuci Bersih Komponen Rem

Cuci bersih Kampas, Cakram dan Kaliper dari oli – oli yang menempel, gunakan sabun pencuci piring untuk menghilangkan oli yang membandel, ibarat sedang menhilangkan minyak yang menempel pada permukaan dandang, panic, dan piring. Bersihkan sampai ke semua sela-sela komponen hingga tidak ada kotoran yang menempel, setelah itu jemur sampai kering.

Cuci bagian tersebut tidak hanya sekali saja, karena kemungkinan oli masih menempel,  cuci dan jemur sampai kering minimal dua kali sampai terasa benar benar kesat dan tidak licin, seperti iklan sabun cuci piring!!
 
Rem Cakram Tidak Pakem Karena Licin Oli ( www.motroad.com )
cuci kampas rem image:news.motorplus-online.com

Fungsi Sabun Cuci Piring

Oli yang menempel tentunya akan sangat sulit dibersikan, walaupun dengan air, karena memang sifat dari oli tersebut yang anti air, karena sifatnya anti air dibersihkan dengan air biasa saja tidak akan mempan, maka dari itu perlu menggunakan sabun pencuci piring.

Dengan busa yang ditimbulkan dari sabun tersebut dapat mengangkat kotoran dan oli yang menempel.

Ganti Kampas Rem

Jika cara tersebut diatas tidak juga dapat membersihkan oli yang menempel, dan sistem pengereman masih terasa licin, ada baiknya untuk segera mengganti kampas rem, ya keluar modal sedikit tidak apa-apa daripada malah celaka karena rem rusak. Betul tidak?


Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon