Tips Menjaga Mesin Motor Tidak Cepat Panas



Mesin motor yang cepat panas dapat dipengaruhi oleh berbagai factor. Kurangnya perawatan, jauhnya jarak tempuh serta beban angkut yang berlebih dapat membuat kinerja mesin terlalu berat




Mesin Motor - Salam Riders…  Cepat panasnya mesin motor terkadang menimbulkan kekhawatiran tersendiri, terutama bila kita tidak mengetahui betul apa penyebabnya lantas mesin motor overheat dan lalu mogok.
Tips Menjaga Mesin Motor Tidak Cepat Panas  www.motroad.com
ilustrasi mesin motor panas/overheat , image : liputan6
Terlebih lagi jika motor tersebut merupakan satu-satunya kendaraan operasional, atau contoh lain ketika sedang melakukan perjalanan jauh, jika tiba-tiba mesin terlalu panas dalam kondisi tersebut pastinya akan membawa kekhawatiran tersendiri.

Bagaimana cara mengatasai agar mesin tidak cepat panas, berikut kita bahas,,,

Beban yang Berlebih

Penggunaan motor yang dipaksakan menempuh jarak tertentu selama waktu yang berkelanjutan dapat membuat mesin panas, apalagi ditambah beban angkut yang berlebih. Ada baiknya jika memang hal ini tidak dapat dihindari, istirahatkanlah motor anda setiap kali terdapat tanda-tanda mesinnya panas.

Rutin Ganti Oli

Komponen mesin yang bergesekan satu sama lain pada saat mesin beroperasi akan menimbulkan panas, nah fungsi oli mesin motor disini adalah untuk meminimalisir gesekan yang terjadi antara komponen mesin motor tersebut, selain itu fungsi oli mesin juga sebagai pendingin komponen mesin yang mendinginkan panas yang terjadi akibat gesekan komponen mesin.

Rider perlu memastikan agar selalu rutin mengganti oli mesin motor, selain itu hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan bahwa saluran distribusi oli mesin berjalan lancar dan tidak ada penyumbatan, hal ini perlu dikonsultasikan dengan mekanik langganan rider.

Perhatikan Kondisi Piston

Ada baiknya untuk mengecek kondisi piston, untuk memastikan apakah posisi tersebut terlalu rapat, karena posisi piston yang terlalu rapat akan membuat piston mudah stuck dan menimbulkan panas sehingga mesin cepat panas, Posisi yang terlalu rapat juga akan membuat mesin menjadi cepat rusak.

Bersihkan Silinder

Cek juga kondisi kebersihan dari kepala dan sirip silinder, tumpukan kotoran dan debu pada komponen tersebut akan menghambat proses pelepasan panas sehingga mesin menjadi cepat panas

·           Simak  : Motor Matic Tiba-tiba Mati, ini Penyebabnya


Sekian info mengenai Tips Menjaga Mesin MotorTidak Cepat Panas semoga berguna bagi para riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon