Ayo Berkendara Motor Secara Safety Riding


Dengan melakukan safety riding, tidak hanya menjaga keselamatan pribadi, tetapi juga telah menjaga keselamatan orang lain dan masyarakat


Tips berkendara sepeda motor - Salam Riders…  Kalau diamati secara umum tingkat kecelakan di Jalan Raya tidak pernah ada habisnya, apalagi yang melibatkan kendaraan sepeda motor, bukan hanya harta benda yang dikorbankan, beberapa diantaranya bahkan sampai mengakibatkan korban raga dan jiwa.
 
Ayo Berkendara Motor Secara Safety Riding www.motroad.com
Ilustrasi Kelengkapan safety riding motor
Safety Riding
Salah satu hal preventif yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan safety riding dalam berkendara, sesuai dengan namanya safety, maka hal yang diutamakan adalah keselamatan dan keamanan pengendaranya. Safety Riding dapat diartikan suatu cara berkendara yang mengutamakan keamanan dan keselamatan baik bagi pengendara itu sendiri maupun terhadap pengendara lain.

Dengan melakukan safety riding, tidak hanya akan bermanfaat bagi kita sendiri sebagai pengendara, juga bermanfaat bagi orang lain, andai saja seluruh pengguna jalan sudah menerapkan safety riding ini, dijamin tingkat kecelakaan dapat turun drastic.

Apa aja sih safety riding itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yuk mari kita simak bersama-sama:

1.   TAATI PERATURAN LALU LINTAS
Ini yang paling penting, aturan lalu lintas dibuat untuk memastikan keamanan dan kelematan berkendara dilalu lintas, dengan mentaati aturan lalu lintas secara tidak langsung kita juga telah bertanggung jawab terhadap keselamatan orang lain dan masyarakat.

2.   CEK KONDISI MOTOR
Sebelum melakukan perjalanan, usahakan selalu melakukan pengecekan kondisi sepeda motor, mulai dari bensin, oli, rantai, baut, mur , kaca spion dll.

3.   BAWA KELENGKAPAN SURAT
STNK motor, SIM C dan surat-surat lainnya wajib selalu dibawa pada saat berkendara, disamping menjamin legalitas kepemilikan, surat-surat tersebut juga tanda bahwa kita telah mengikuti peraturan lalu lintas yang berlaku.

4.   GUNAKAN HELM STANDAR
Gunakan helm aman yang dapat menjamin keselamatan berkendara, bisa full face atau half face, walaupun hel full face lebih aman. Gunakan juga Helm yang telh berstandar SNI.

5.   PAKAI JAKET
Naik motor identik dengan angin yang menerpa langsung ke tubuh, nah untuk mencegah masuk angina dan juga sebagai body protector, gunakanlah jaket yang bisa melindungi tubuh, jika diperlukan gunakan rompi tambahan.

6.   PAKAI SEPATU
Dengan menggunakan sepatu, otomatis akan lebih aman dibanding dengan menggunakan sandal. Banyak kejadian kecelakaan yang berakibat luka-luka pada telapak kaki, padahal sebenarnya hal tersebut dapat di cegah dengan penggunaan sepatu.

7.    GUNAKAN SARUNG TANGAN
Gunakan sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan, dan yang dibuat dari bahan yang menyerap keringat, bagusnya jenis sarung tangan yang dapat menutup seluruh permukaan jari.


8.    HILANGKAN KEBIASAAN BURUK
Kebiasaan menelon dijalan, smsan, tidak menyalakan lampu, tidak kasih sen ketika belok harus dikurangi, karena sebagian  besar kecelakaan disebabkan kebiasaan pengendara

·           Simak  : MotorMatic Tiba-tiba Mati, ini Penyebabnya

Sekian info mengenai Ayo Berkendara Motor Secara SafetyRiding,  Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon