Tips Merawat Jaket Motor berbagai Bahan


Jaket Motor dapat terbuat dari berbagai macam bahan, tiap bahannya memiliki cara tersendiri dalam perawatanya. Baik Katun, Cordura, Nilon dll ada tips n trik untuk merawatnya agar lebih awet.




Jaket Motor - Salam Riders motroad.com …  Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa jaket motor telah menjadi aksesoris wajib bagi para Rider yang concern atas kesehatannya. Selain dapat mencegah masuk angin, jaket motor juga dapat melindungi bagian anggota tubuh kita saat terjadi kecelakaan.

Disamping itu jaket motor pun banyak pilihan baik dari jenis dan bahannya, tiap pilihan tersebut dapat menjadi opsi kita tentunya untuk membeli jaket motor jenis dan tipe apa yang akan membuat penampilan saat berkendara menjadi lebih keren.

Berbicara mengenai bahan jaket motor, ternyata beda jenis bahan juga dapat mempengaruhi treatment kita dalam perawatannya. Karena tiap bahan memiliki karakteristik sendiri dan cara merawatnya pun berbeda perlakuan.
 
Tips Merawat Jaket Motor berbagai Bahan (www.motroad.com)
image : motorplus-online.com (atam gear)

Supaya jaket motor rider selalu awet dan bagus, ada baiknya memahami bagaimana tips merawat Jaket motor berdasarkan bahannya.. Yuk Kita Simak…


Jaket Katun
Bahan katun termasuk dalam golongan bahan yang lumayan kuat, selain itu bahan ini sangat gampang dicuci sekaligus tahan banting. Dilihat dari ketebalannya, Jaket Motor yang berbahan ini ada yang tipis sekali.. ada yang tebal sekali, tergantung tipenya.

Untuk merawat bahan katun ini, tidak teralu merepotkan karena bahan katun termasuk awet dan mudah dirawat. Cucilah seperti biasa, mau pake mesin cuci atau cuci pake tangan, disikat pun tidak masalah. Hal yang terpenting adalah perhatikan bahannya agar jangan sampai terurai sehingga jadi terkesan berbulu.

Jaket Kulit
Jaket motor dengan berbahan kulit sebenarnya cukup mudah untuk dirawat, Karena kulit termasuk bahan yang kuat. Yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu sering dicuci, cukup dilap lap saja pake lap bersih untuk membersihkan dari kotoran yang menempel.

Hal harus diperhatikan adalah jangan sampai bahan jaket terlalu sering terekspos dengan bahan kimia. Untuk membersihkan jangan terlalu sering menggunakan bahan kimia karena akan merusak permukaan bahan. Sesekali boleh namun baiknya gunakan lap dan air saja.

Jaket Nilon
Bahan Nilon termasuk yang harus membutuhkan perhatian lebih dalam merawatnya. Baiknya bahan nilon jangan dicuci menggunakan mesin cuci, lebih baik dicuci dengan tangan saja, jika ada kotoran yang membandel, kucek kucek saja sampai bersih, bisa juga disikat sedikit namun jangan sampai terlalu keras.

Jaket nilon mudah sekali berbulu jika di sikat terlalu keras.
Tips Merawat Jaket Motor berbagai Bahan (www.motroad.com)
image ; planetcostum.net
Jaket Cordura
Jaket ini banyak sekali modelnya, dan terkadang terdapat model dengan banyak jahitan yang saling sambung menyambung bahan. Jaket dengan bahan ini sebenarnya gampang dibersihkan, cukup di cuci pakai tangan dan di kucek dikit saja.

Untuk Cordura yang memiliki banyak model sambungan seperti di bagian siku yang ada jahitan sambungannya, ada baiknya jangan dicuci menggunakan mesin cuci, karena jahitan sambungan itu bisa lepas karena proses gilingan mesin cuci. Juga ketika mencuci pakai tangan, perhatikan proses mencuci agar tidak merusak jahitan sambungan.

Jaket Goretex
Jaket dengan bahan ini memang sedang digandrungi oleh para rider yang suka turing jarak jauh. Jaket ini pas sekali dipakai untuk perjalanan jauh, karena selain kuat jaket ini mudah untuk dibersihkan, cukup dilap dan dicuci sambil di kucek kucek dikit saja maka jaket ini sudah bersih.

Namun perlu diperhatikan juga kualitas dari jaket ini, saat ini dipasaran banyak sekali bahan goretex yang berkualitas rendah yang gampang rusak, sikat sedikit saja bisa langsung berbulu.



Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika
berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon