Memahami Jenis Jenis Oli Motor



Terdapat berbagai Jenis Oli Motor, yaitu Oli Mineral, Oli Sintetik, Oli Semi Sintetik


Oli Motor - Salam Riders motroad.com  Oli motor memiliki fungsi yang amat penting bagi mesin sepeda motor. Oli mesin atau pelumas mesin ini memiliki fungsi untuk melumasi bagian komponen mesin dan melancarkan kinerja mesin sekaligus membersihkan tiap tiap celah komponennya.

Dengan adanya oli motor, gesekan antara komponen mesin dapat diminimalisir efeknya sehingga tidak menyebabkan komponen mesin motor menjadi aus dan bersih dari kotoran. Oli motor juga dapat berfungsi sebagai pendingin mesin, jadi ketika mesin sedang panas, oli motor dapat  membantu mendistribusikan panas mesin ke daerah yang lebih dingin sehingga panas tersebut tidak terkonsentrasi di satu tempat.

Memahami Jenis Jenis Oli Motor (www.motroad.com)

Untuk itu disarankan agar rutin selalu mengganti oli motor dalam periode tertentu, misalnya dua bulan sekali atau setiap 2.000 Kilometer. Karena oli yang terpakai makin lama makin berkurang kekentalannya dan makin penuh dengan kotoran dan serpihan. Kalau tidak diganti cepat-cepat malah akhirnya bisa merusak mesin motor sendiri.

Penggunaan oli motor pun sangat disarankan mengikuti jenis motornya, misalkan saja beberapa pabrikan motor matic menyarankan untuk menggunakan oli motor matic merk tertentu yang biasanya bawaan dari pabrikannya. Hal ini masuk diakal karena kebutuhan akan oli motor tergantung jenis motor dan spesifikasi dari motor tersebut.

Pada artikel ini mari kita bahas satu persatu ragam oli motor berdasarkan jenis bahan pembuatnya.


 Oli Mineral
Oli Mineral adalah Oli yang terbuat dari Base Oil atau Oli dasar yang biasanya diambil secara langsung dari penambangan atau kilang minyak. Base Oil tersebut lalu ditambahkan dengan beberapa zat aditif yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan mesin dan menambah fungsi-fungsi tertentu dari oli tersebut.

Oli mineral sangat cocok digunakan untuk motor motor produksi taun lama. Karena pada motor tersebut, celah antara komponen mesin dan komponen lainnya masih lebih renggang. Penggunaan oli mineral untuk motor tahun lama juga berfungsi untuk menjaga ketahanan dan kesehatan mesin serta meningkatkan performa mesin menjadi lebih stabil.

Untuk motor yang sudah terbiasa menggunakan oli mineral, pergantian ke oli lainnya (misalnya oli sintetis) tidak disarankan, karena oli mineral yang lama digunakan akan meninggalkan sisa desposit di mesin, jika langsung diganti ke sintetis, oli sintetis akan mengikis deposit tersebut sehingga menimbulkan gangguan pada mesin.


Oli Sintetis
Oli sintetis ini biasanya terbuat dari bahan sintetis yang disebut Polyalphaolifins yang merupakan bahan yang dihasilkan dari pemisahan oli mineral. Polyalphaolifins kemudian dicampur dengan oli mineral. Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral. Sehingga dapat disimpulkan kinerja oli sintesik ini akan jauh lebih baik kualitas nya dibandingkan dengan oli mineral.

Jenis oli ini sangat cocok untuk digunakan sebagai oli motor untuk moge (motor gede) atau motor dengan kapasitas performa mesin yang tinggi, dengan multi silinder dan kompresi tinggi, seperti motor balap.

Dengan kualitas yang bagus, harganya pun bisa dibilang cukup mahal dibanding oli lainnya. Namun jangka waktu ketahanan pemakainnya juga cukup lama. Bisa sampai 10.000 KM baru ganti lagi olinya.

Oli Semi Sintetis
Kalau oli mineral cocok untuk motor keluaran tahun tahun lama, oli semi sintetis sangat cocok untuk motor motor keluaran baru. Disamping itu harga oli semi sintetis juga cukup terjangkau.

Hal yang harus diperhatikan dari penggunaan oli ini adalah jarak waktu pergantiannya yang relatif lebih pendek dari oli sintetis.  


Sekian info mengenai Memahami Jenis Jenis OliMotor
Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika
berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 
Memahami Jenis Jenis Oli Motor (www.motroad.com)

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon