Memahami Istilah Standar Keamanan Helm Motor

Helm motor terdiri dari beberapa standar keamanan, ada SNI, DOT dan SNELL.



Helm Motor - Salam Riders motroad.com Helm motor sudah menjadi peralatan standar dalam berkendara motor di jalan. Selain fungsinya sebagai penjaga keselamatan pengemudi di jalan raya, Helm motor juga menjadi tempat menyalurkan gaya dan style pemakainya.

Dengan fungsi utama sebagai safety tools, tentunya standar keamanan helm harus dijaga dengan baik, dan harus terdapat suatu standar khusus yang dapat memastikan bahwa produk helm motor yang beredar di pasaran dapat melaksanakan fungsinya dengan sebagai mana mestinya.
 
Memahami Istilah Standar Keamanan Helm Motor (www.motroad.com)
Image : otosia.com
Ternyata standar keamanan yang beredar di pasaran terdapat beberapa jenis standar. Ada Standar Nasional Indonesia (SNI), Department of Transportation (DOT), dan SNELL, terdapat juga beberapa jenis standar yang lain, namun yang dibahas di artikel ini hanya tiga jenis standar yang telah disebutkan diatas.

Tentunya dengan banyaknya standar yang beredar di pasaran bukan berarti salah satu diantara standar tersebut lebih bagus atau lebih jelek dibanding standar lainnya. Tiap standar tersebut telah memiliki spesifikasi dan uji kualitas sebelum diputuskan apakah suatu produk dapat lolos uji kelayakan atas standar dimaksud.

Satu hal yang pasti, tiap standar diatas memiliki satu tujuan yang sama, yaitu untuk menjamin keselamatan penggunanya. Meskipun metode dalam penetapan kualitasnya berbeda, hal tersebut tidak perlu menjadi perdebatan. Yuk mati kita simak satu persatu.

Standar Nasional Indonesia (SNI)

SNI adalah sebuah sertifikasi standar yang berlaku di Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk menguji kelayakan apakah suatu produk yang akan masuk ke pasar Indonesia dan di gunakan di Indonesia telah memiliki suatu standar yang sesuai dengan kondisi Indonesia.

SNI diterapkan tidak hanya untuk produk helm, tetapi juga untuk segala jenis produk dari mainan, hingga alat rumah tangga. Untuk produk yang telah lolos SNI, akan diberi logo SNI di produk tersebut sebagai tanda bahwa produk tersebut telah layak dan siap untuk dipasarkan di Indonesia.

Karena Indonesia sudah memiliki standar SNI untuk Helm Motor, maka seharusnya helm motor yang digunakan di Indonesia semua telah mematuhi standar kualitas tersebut. Itulah alasannya mengapa terkadang terdapat razia dari pihak yang berwenang untuk mengawasi penggunaan helm motor apakah sudah standar SNI atau belum.

Department of Transportation (DOT)

Department of Trasportation (DOT) standar adalah standar yang dikeluarkan oleh Departemen Transportasi Amerika Serikat (kalau di Indonesia disebutnya Kementerian Perhubungan).

Sertifikasi tersebut dikeluarkan untuk mengatur standar keamanan helm transportasi yang beredar di pasaran Amerika Serikat. Uji produk atas kriteria standarisasi tersebut dilakukan dan dikeluarkan oleh National Highway Traffic Safety Association (NHTSA).

Dikarenakan standar ini memiliki tingkat kehandalan yang baik, standar helm ini juga digunakan di sekitar 50 Negara-negara yang ada di Dunia.

SNELL

SNELL sendiri bukanlah sebuah akronim atau singkatan sehingga tidak ada kepanjangannya. Standar SNELL dikeluarkan oleh SNELL Memorial Foundation, sebuah lembaga yang dibentuk untuk mengenang dan menghormati Pete Snell, seorang pembalap di tahun 1950an  yang meninggal karena kecelakan balapan yang melukai kepalanya.

Beberapa teman dari Pete mendirikan sebuah Lembaga untuk melakukan standarisasi keamanan Helm, dengan tujuan apa yang menimpa Pete tidak terjadi lagi kepada orang lain.

Ada yang berpendapat bahwa Standar SNELL bahkan melebihi standar DOT dalam kualitas penjaminan safety nya, bahkan standar ini sering dipakai sebagai tolok ukur untuk menentukan standar lainnya.

SNELL juga mengeluarkan standar untuk hel Gokart, Motor Balap, Formula 1, sdll. Standar ini dipakai secara resmi dan diakui di 50 negara besar.

Tuhan Memberi Kita Hanya Satu Kepala dan Satu Otak, Jangan Disiasiakan Dengan Memakai Helm Tanpa Standar Keamanan Yang Jelas”
You've only got one skull and brain, you might as well give it the best protection you can afford
-Mopery Sharper-

Sekian info mengenai Memahami Istilah StandarKeamanan Helm Motor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika berguna monggo di share ke   rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

(dari berbagai Sumber)

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon