Kelebihan Kredit Motor Syariah


Kredit Motor yang berbasis syariah bisa menjadi pilihan pembiayaan yang menawarkan cukup banyak kelebihan dibanding konvensional



Kredit Motor Syariah - Salam Riders motroad.com …  Saat ini pembiayaan kredit motor telah banyak macam pilihannya. Ada yang kredit konvensional dengan leasing, ada juga yang menggunakan kredit motor yang berbasis syariah.
 
Kelebihan Kredit Motor Syariah (www.motroad.com)
image credit : bpr al salam
Tentunya dalam menentukan pilihan, Konsumen akan dihadapkan pada pilihan mana yang lebih menguntungkan dan tidak memberatkan. Dengan banyaknya pilihan yang ada seharusnya buying decision konsumen akan lebih kuat, karena posisi konsumen dalam menentukan pilihan lebih banyak alternatifnya.

Bila melihat beberapa sumber bacaan online, nampaknya kredit motor syariah lebih menawarkan kelebihan dimata konsumen. Disamping harganya lebih murah dibanding konvensional, terdapat juga kelebihan lain, antara lain

Sesuai Syariah
Akad dalam kredit motor syariah tentunya telah mengikuti aturan syariah, dimana aturan tersebut mengikuti fatwa syariah yang dikeluarkan oleh para ulama Dewan Syariah Nasional. Sehingga bagi pemeluk Islam tidak perlu khawatir akan riba dll. Jika mau mengecek kesesuaian akad dengan prisip syariah, bisa melihat di www.mui.or.id


Cicilan Lebih Murah
Dalam pembiayaan syariah, biaya yang telah konsumen bayarkan sebagai down payment (DP) akan mengurangi harga cash motor tersebut. Sehingga nilai cicilan akan lebih murah.

Kesepakatan di awal
Selain itu akad kredit biasanya dilakukan di awal kesepakatan, dan didalamnya terdapat ketentuan mengenai berap besar pembagian keuntungan atau margin yang ditetapkan. Jadi antara penjual sepeda motor dengan pembeli sudah ada kesepakatan diawal.

Sebagai contoh jika harga on the road motor Yamaha Mio adalah 15 Juta, setelah itu ditetapkan keuntungan penjual sebesar 2 juta. Jika si pembeli setuju maka maka akan terjadi kesepakatan. Jadi pembeli akan tahu diawal berapa jumlah total pembayaran dan nilai harga motornya.


Telat Bayar Cukup Infaq
Dalam pembiayaan konvensional, apabila konsumen telat bayar maka akan dikenakan bunga perhari. Sedangkan dalam pembiayaan syariah, hanya akan dikenakan infaq, infaq tersebut diperuntukan untuk fakir miskin dan sifatnya untuk mendisiplinkan konsumen agar tidak telat dalam pambayarannya.

Besarnya infaq pun tidak terlalu besar, menurut sumber online berkisar 2.500/hari. Menurut saya cara ini sangat efektif, kontraprestasi pembeli akan disumbangkan ke amal.

Hitung-hitung amal.. gak ada ruginya sekalian berinfaq, semoga dapat melancarkan rizki yang halal… aminn…

Lebih Kekeluargaan
Pada umumnya, kredit syariah menerapkan sistem kekeluargaan. Maksudnya adalah jika pembeli gagal bayar angsuran selama dua bulan, motor akan ditarik, tapi tidak dengan paksaan yang kasar.. melainkan dengan prinsip kekeluargaan yang notabene tidak akan membuat nasabahnya was-was. Sebelum ditarik akan ditanyakan dulu kendalanya apa, masalahnya apa, apakah bisa melunasi atau tidak dll.


Sekian info mengenai Mono Shock, Kelebihan dan Kekurangan Penggunaannya
Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika
berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….


Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon