Ban Tubeless atau Ban Tube Type - Pilih Mana Ya


Ban tubeless dan ban tube type memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing




Ban Motor - Salam Riders motroad.com  Para rider mungkin pernah merasa ingin mengganti jenis Ban yang dipakai di sepeda motor. Biasanya jika bannya adalah ban konvensional bawaan pabrikan yang memiliki “ban dalam” atau biasa disebut Ban Tube Type yang ingin diganti ke ban tubeless yang katanya lebih praktis dan mudah dalam perawatannya.

Namun sebelum memutuskan untuk mengganti ban tube type ke ban tubeless, ada baiknya kita telaah dulu dari head to head masing masing. Yuk mari kita lihat:

 Ban Tubeless atau Ban Tube Type - Pilih Mana Ya (www.motroad.com)

Jalan yang dipakai
Ban tubeless sebenarnya di desain pada jenis jalanan yang mulus dan lancar, hal ini sesuai dengan kemampuan ban tubeless yang lincah meliuk liuk di jalanan. Namun ban tubeless tidak cocok digunakan untuk daerah jalanan yang berlubang, berbatu dan tidak rata.

 Karena karakteristik tekanan ban tubeless yang pada dan kuat, goncangan di jalanan berbatu dapat merusak velg motor dan shock breaker motor.

Lain halnya dengan ban tube type yang cocok digunakan di berbagai jenis jalanan, baik itu jalan berlubang atau jalan lancar. Ban tube type lebih moderate dan user friendly jalanan lah.

Harga
Jelas pastinya kalau ban tubeless jauh lebih mahal dari ban tube type. Ban tube type sendiri banyak rentang variasi harganya, dari yang termurah sampai yang termahal.

Isi Ban
Kalau untuk isian ban, sebenarnya ban tubeless malah lebih banyak kemudahannya. Selain dapat menggunakan nitrogen untuk isi bannya, ban tubeless juga dapat diisi cairan yang berfungsi sebagai bahan untuk melapisi agar anti bocor.

Mekanismenya adalah pada saat ban tubeless terkena paku, cairan tersebut akan melapisi bagian bocornya dan segera menutup lubang.

Velg
Ban tubeless biasanyaa menggunakan velg racing. Karena jika memakai velg jari jari dapat membuat angin dalam ban tubeless keluar dengan sendirinya.

Sedangkan ban tube type lebih enak karena fleksibel dapat digunakan ke berbagai macam tipe velg. Baik racing ataupun  jari-jari.

Bahan Ban
Ban tubeless secara umum lebih berat dari pada ban tube type. Beratnya ban tubeless ini dikarenakan bahan utama penyusunnya adalah karet yang notabene lebih tebal dan padat bila dibandingkan dengan tube type.

Keawetan
Ban tubeless terbuat dari compound yang lebih lunak dibandingkan dengan ban tube type. Lunaknya compound  penyusun tersebut membuat tubeless lebih cepat habis dipakai dan cepat terkikis permukaanya.

Bentuk Fisik Ban
Kedua tipe ban ini hampir sama dalam bentuk bannya, namun jika diperhatikan lebih seksama, ban tube type memiliki bentuk yang lebih kotak sementara ban tubeless memiliki bentuk lebih bulat. Bentuk bulat ban tersebut membuat ban tubeless menjadi lebih lincah dan memiliki akselerasi yang lebih baik dibandigkan ban tube type.

Oleh karena itu ban tubeless sangat cocok untuk tipe motor yang sering dibawa ngebut, sedangkan tube type lebih cocok untuk motor yang lebih lambat.

Ketahanan Ban dari Bocor
Pada ban tube type, kebocoran pada ban dalam harus segera ditambal kalau tidak maka ban tidak akan dapat digunakan.  Sedangkan pada ban tubeless kebocoran akan cepat dapat ditanggulangi karena struktur ban yang lebih padat dan kuat.

Namun hal itu bikan berarti kebocoran pada ban tubeless tidak harus ditambal, ban tubeless yang bocor tetap harus ditambal jika tidak ingin merusak steel selt pada ban tubeless.


Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika
berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon