Ban Tubeless – Mari pahami dulu kegunaanya

Salam Riders…  mungkin ada sebagian dari rider yang sudah menggunakan ban tubeless, ataupun berencana mengganti ban konvensional anda dengan ban motor tubeless, ada baiknya rider memahami dahulu karakteristik ban tersebut sebelum memutuskan untuk menggunakannya, karena belum tentu ban tubeless cocok dengan karakteristik motor yang rider gunakan, kondisi jalan yang rider sering lalui.
ban tubeless
image credit : tribunnews.com

Apa itu Ban Tubeless

perbedaan ban tubeless dan ban biasa motroadPada dasarnya ada dua jenis ban yang di produksi dari pabrikan, yaitu ban dengan ban dalam (with tube) atau biasa yang kita sebut ban konvensional dan ban tanpa ban dalam (tubeless), tiap-tiap dari ban tersebut memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing, sehingga anggapan yang menyatakan bahwa “ban tubeless itu lebih baik daripada ban konvensional” belum tentu benar adanya. Semuanya kembali kepada kebutuhan dan kebiasaan penggunaan kendaraan yang rider gunakan.

Karakteristik Ban Tubeless

Secara umum ban tubeless lebih keras dibandingkan dengan ban konvensional karena struktur karet lebih padat dan tebal, sehingga getaran yang diakibatkan guncangan saat melewati jalan yang rusak dan bergelombang akan lebih besar dirasakan oleh ban ini dibandingkan dengan ban konvensional, karenanya penggunaan ban ini aka lebih cocok di perkotaan yang kondisi jalannya rata dan tidak bergelombang. jika dipaksakan menggunakannya di jalan yang bergelombang dan tidak rata justru akan merusak pelek ban itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu kelebihan ban tubeless motor yaitu bahwa ban ini adalah ban anti bocor, sebenarnya bukan anti bocor secara harfiah, lebih tepatnya ban tubeless memiliki ketahanan yang lebih dari kebocoran, jika  terkena paku dijalan, ban ini tidak langsung kemps, namun ketika bocor tetap harus secepatnya dibawa ke tukang penambal ban

Kekurangan ban tubeless adalah saat ini baru dapat terpasang dengan baik pada pelek motor racing, belum dapat terpasang secara sempurna pada pelek jari jari, sedangkan untuk pelek jari jari lebih baik menggunakan ban konvensional, kecuali jika rider mau mengganti pelek dan bannya sekalian.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Ban tubeless cocok untuk rider yang sering melewati jalan perkotaan yang cenderung halus dan lancar, terutama untuk kecepatan tinggi, ban tubeless lebih stabil dan kokoh karena struktur bannya lebih kuat dan compact.  Ditambah lagi untuk pengguna dalam kota yang notabene sering terjadi kebocoran ban, penggunaan ban tubeless sebagai anti bocor ban sangat dipertimbangkan untuk menghemat waktu dan tenaga.

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon