Perlambatan Ekonomi dan Turunnya
daya beli masyarakat menjadikan Pasar Motor di Indonesia mengalami Penurunan
di tahun 2015
|
Pasar Sepeda Motor di
Indonesia mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan di tahun 2015
kemarin. Penurunan berkisar di angka 17,6% atau setara dengan penurunan
penjualan unit sebesar 1,38 Juta jika dibandingkan dengan tahun 2015.
Bahkan menutur data yang di publish Asosiasi Industri Sepeda Motor
Indonesia (AISI), tidak ada satupun pemain besar industri sepeda motor di
Indonesia yang mencatatkan nilai pertumbuhan yang positif. Honda, Yamaha,
Suzuki, dan Kawasaki harus puas dengan kinerja penjualan yang merosot
dibandingkan tahun sebelumnya.
Honda
Pabrikan Honda yang berada
dibawah grup usaha Astra mengalami penurunan penjualan higga sebesar 600.000
Unit (11,8%) dibandingkan dengan periode tahun lalu (2014). Namun demikian
Honda masih dapat berbangga hari karena masih mempertahankan posisi market
leadernya dengan total penjualan mencapai sekitar 4.450.000 unit motor.
Namun Honda harus was-was
karena pangsa pasar mereka turun dari 69% pada tahun 2014 menjadi 64% pada
tahun 2015, penurunan sebesar 5% saja adalah jumlah yang sangat sinifikan
mengingat persaingan sepeda motor Indonesia sangat ketat dan ekonomi Indonesia
belum dapat dipastikan kedepannya.
Yamaha
Yamaha Motor menyusul di
urutan kedua setelah Honda. Yamaha mencatatan total penjualan sekitar 1.790.000
unit. Penurunan penjualan pun dialami Yamaha dengan nilai 572.000 unit
dibanding tahun sebelumnya, angka ini menurun sebesar 24% dibandingkan dengan
penjualan tahun 2014.
Pangsa pasar Yamaha pun
tergerus sebesar 3% menjadi hanya 27% ditahun 2015, dimana pada tahun 2014
pangsa pasarnya adalah 30%.
Kawasaki
Kawasaki naik posisinya
menjadi nomor tiga ditahun 2015, menyalip dominasi Suzuki. Total penjualan
Kawasaki di tahun 2015 adalah sebesar 115.000 unit, dimana angka ini menurun
sebesar 28% dibanding tahun sebelumnya. Namun jika dilihat dari market share, pangsa pasar Kawasaki naik
dari 1,7% pada tahun 2014 menjadi 2% pada tahun 2015.
Suzuki
Suzuki menempati posisi
paling buncit dari 4 besar pemain sepeda motor di Indonesia dengan penjualan
sebesar 109.800 unit pada tahun 2015. Nampaknya penurunan terbesar dialami oleh
Suzuki dengan penurunan 60% dibanding penjualan pada tahun 2014.
Secara pangsa pasar pun
turun dari sebelumnya 3,4% ditahun 2014 menjadi hanya 1,7% di tahun 2015.
TVS
Pabrikan asal India ini
memang belum mendapatkan market
recognition dari konsumen di Indonesia, terbukti sampai dengan saaat ini
belum ada peningkatan pasti atas penjualan dan juga belum ada tanda-tanda bahwa
TVS akan membuat parbrik di Indonesia,
tidak hanya sebagai Agen Penjualan di Indonesia.
Penjualan TVS hanya 2.747
Unit di tahun 2015, dimana pada tahun 2014 TVS berhai menjual 9.575 unit sepeda
motor.
No
|
Merk
|
Penjualan (unit)
|
Market Share
|
1
|
Honda
|
4.450.000
|
64%
|
2
|
Yamaha
|
1.790.000
|
27%
|
3
|
Kawasaki
|
115.000
|
2%
|
4
|
Suzuki
|
109.800
|
1,70%
|
Silahkan tinggalkan komen yang membangun...
Terima Kasih
Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon