Rekap Kinerja Pasar Motor Indonesia Tahun 2015



Perlambatan Ekonomi dan Turunnya daya beli masyarakat menjadikan Pasar Motor di Indonesia mengalami Penurunan di tahun 2015



Pasar Sepeda Motor di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan di tahun 2015 kemarin. Penurunan berkisar di angka 17,6% atau setara dengan penurunan penjualan unit sebesar 1,38 Juta jika dibandingkan dengan tahun 2015.

Rekap Kinerja Pasar Motor Indonesia Tahun 2015  (www.motroad.com)

Bahkan menutur data yang di publish Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), tidak ada satupun pemain besar industri sepeda motor di Indonesia yang mencatatkan nilai pertumbuhan yang positif. Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki harus puas dengan kinerja penjualan yang merosot dibandingkan tahun sebelumnya.

Honda
Pabrikan Honda yang berada dibawah grup usaha Astra mengalami penurunan penjualan higga sebesar 600.000 Unit (11,8%) dibandingkan dengan periode tahun lalu (2014). Namun demikian Honda masih dapat berbangga hari karena masih mempertahankan posisi market leadernya dengan total penjualan mencapai sekitar 4.450.000 unit motor.

Namun Honda harus was-was karena pangsa pasar mereka turun dari 69% pada tahun 2014 menjadi 64% pada tahun 2015, penurunan sebesar 5% saja adalah jumlah yang sangat sinifikan mengingat persaingan sepeda motor Indonesia sangat ketat dan ekonomi Indonesia belum dapat dipastikan kedepannya.

Yamaha
Yamaha Motor menyusul di urutan kedua setelah Honda. Yamaha mencatatan total penjualan sekitar 1.790.000 unit. Penurunan penjualan pun dialami Yamaha dengan nilai 572.000 unit dibanding tahun sebelumnya, angka ini menurun sebesar 24% dibandingkan dengan penjualan tahun 2014.

Pangsa pasar Yamaha pun tergerus sebesar 3% menjadi hanya 27% ditahun 2015, dimana pada tahun 2014 pangsa pasarnya adalah 30%.

Kawasaki
Kawasaki naik posisinya menjadi nomor tiga ditahun 2015, menyalip dominasi Suzuki. Total penjualan Kawasaki di tahun 2015 adalah sebesar 115.000 unit, dimana angka ini menurun sebesar 28% dibanding tahun sebelumnya. Namun jika dilihat dari market share, pangsa pasar Kawasaki naik dari 1,7% pada tahun 2014 menjadi 2% pada tahun 2015.

Suzuki
Suzuki menempati posisi paling buncit dari 4 besar pemain sepeda motor di Indonesia dengan penjualan sebesar 109.800 unit pada tahun 2015. Nampaknya penurunan terbesar dialami oleh Suzuki dengan penurunan 60% dibanding penjualan pada tahun 2014.

Secara pangsa pasar pun turun dari sebelumnya 3,4% ditahun 2014 menjadi hanya 1,7% di tahun 2015.

TVS
Pabrikan asal India ini memang belum mendapatkan market recognition dari konsumen di Indonesia, terbukti sampai dengan saaat ini belum ada peningkatan pasti atas penjualan dan juga belum ada tanda-tanda bahwa TVS akan membuat parbrik di Indonesia,  tidak hanya sebagai Agen Penjualan di Indonesia.

Penjualan TVS hanya 2.747 Unit di tahun 2015, dimana pada tahun 2014 TVS berhai menjual 9.575 unit sepeda motor.

No
Merk
Penjualan (unit)
Market Share
1
Honda
4.450.000
64%
2
Yamaha
                   1.790.000
27%
3
Kawasaki
                  115.000
2%
4
Suzuki
                 109.800
1,70%

Silahkan tinggalkan komen yang membangun...

Terima Kasih

Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon