Utamakan faktor keselamatan dalam memilih kaca spion motor
|
Tips Motor - Salam Riders motroad.com… Kaca
Spion motor yang rider gunakan pastinya dipasang dan dipilih berdasarkan
banyak pertimbangan, namun satu yang pasti, pertimbangan keamanan dan
keselamatan tetap harus nomor satu.
Jangan sampai karena ingin
memasang kaca spion yang keren dan trendy, rider menggunakan spion yang luas
pandangannya kecil, saking kecilnya kaca jangankan bisa untuk melihat kendaraan
dibelakang, melihat orang yang bonceng sebesar itu aka gak Nampak.
Pertimbangan Keselamatan
Banyak sepeda motor
dijalanan yang menggunakan spion yang memang terlihat sedikit trendy modelnya,
namun kaca spionnya sangat kecil, padahal fungsi utama kaca spion adalah
membantu rider melihat kondisi jalan disekitar.
Kaca Spion yang kecil tidak
akan dapat menjaga keselamatan pengendaranya ketika melaju di jalanan yang
padat dengan kendaraan dan melaju dalam kecepatan tinggi, belok tiba-tiba
sedikit kemungkinan keserempet atau menyenggol kendaraan lain, karena tidak
terlihat di spion kecil itu.
Seharusnya pertimbangan
keselamatan menjadi pertimabangan utama, jangan mengorbankan keselamatan dan
keamanan berkendara hanya karena ingin terlihat trendy, untuk itu pilihlah
spion yang dapat memenuhi kedua faktor tersebut.
Jangan Sampai spion yang
tidak standar nantinya malah membawa masalah sendiri, seperti ditilang oleh
pihak yang berwajib karena tidak memasang spion sesuai standar.
TIPS MEMILIH DAN MENGGUNAKAN KACA SPION DENGAN BENAR
1.
PILIH YANG MODIS DAN
AMAN
Walaupun
keindahan diperhatikan, pilihlah kaca spion yang memiliki kaca yang cukup
lebar supaya dapat melihat kearah belakang.
2.
PASANG DAN
KENCANGKAN
Gunakan spion
yang terbuat dari bahan yang kokoh dan kuat, dari besi lebih bagus, jangan
spion dari plastik
3.
KACA KONVEKS
Jikapun rider
menginginkan spion yang bentuknya kecil karena lebih prefer kesitu, baiknya
pilih yang kacanya cembung (konveks), sehingga pandangan bisa lebih luas.
4.
PASANG DAN
KENCANGKAN
Pas kan posisi
rangka spion untuk mendapatkan pandangan yang optimum, lalu kencangkan pemasangan
baut spion di motornya agar tidak longgar.
5.
JANGAN SERING KENA
AIR
Spion yang
sering kena air kacanya dapat berkarat, kalau sudah berkarat pandangan
menjadi tidak jelas dan mengganggu.
6.
JANGAN DIGANTUNGIN
HELM
Kalau spion
sering digantungin helm, bautnya jadi cepat longgar, dan kacanya bisa
baret-baret.
|
Sekian info mengenai Tips Menggunakan dan Memilih Kaca Spion Motor dengan Benar Ingat utamakanlah selalu
keselamatan, semoga berguna bagi para riders,
jika berguna monggo di share ke
rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang
membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
Silahkan tinggalkan komen yang membangun...
Terima Kasih
Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon