Motor Matic yang dipakaikan Ban
Gambot jadi banyak kekurangannya, susah bermanuver dan di rem, kurang lincah,
dan membuat kinerja rem menjadi lebih sulit.
|
Ban Motor - Salam Riders motroad.com … Ban yang besar atau sering dikenal dengan ban
gambot sedang trend sekarang diantara para rider yang senang memodifikasi
tongkrongan motornya. Karena dengan begitu tampilannnya jadi lebih keren dan
lebih macho.
Tak terkecuali motor matic,
saat ini sudah banyak motor matic yang dimodifikasi ban belakangnya menggunakan
ban gambot. Kesannya ada yang bilang biar gak feminim-feminim banget karena
kalo cowok menggunakan matic, makanya tampilan tongkrongan bannya dibesarin.
Di saat ini pun sudah banyak
merk ban gambot yang beredar yang di produksi untuk ban motor skuter matic
(skutik), tentunya juga produsen velg motor yang cocok dengan ban gambot ini.
Selain aspek penampilan yang
tambah keren, hal lain yang harus diperhatikan adalah aspek keselamatan atas
penggunaan ban ini. Ternyata penggunaan ban gambot ini dapat mengakibatkan
performa motor menjadi berkurang dan aspek safety menjadi terabaikan,.
Apa saja akibatnya mari kita
lihat
1. Boros Bensin
Tentunya dengan penggunaan
ban gambot akan menjadikan motor lebih berat. Kalau beban yang dibawa menjadi
lebih berat otomatis kebutuhan bahan bakar akan lebih banyak dan pastinya lebih
boros biaya dong.
Dengan motor yang lebih
sering mengkonsumsi bensin, akhirnya motorpun akan semakin sering kerja ekstra,
yang mana ujungnya bisa bisa memperpendek umur mesin.
2. Menjadi Kurang Lincah
Walaupun sebenarnya
penggunaan ban gambot dapat membuat motor menjadi lebih stabil, namun disisi
lain juga membuat lebih sulit untuk dikendalikan, Apalagi jika dijalan sempit
dan macet, penggunaan ban besar dapat membuat rider kerepotan sendiri dalam
melintasi jalan-jalan kecil dan macet.
Jadinya motor matic yang tujuan
awal seharusnya lincah dan praktis menghindari macet, malah jadi lebih susah
dikendalikan dan tidak bisa lalu lalang berkendara di jalanan macet.
3. Kinerja Rem Terganggu
Ban yang lebih besar
ukurannya berdampak lebih besarnya tenaga yang keluar untuk sistem pengereman.
Kalau begini kinerja rem menjadi lebih ekstra dan lebih berat. Ingat lho, rem
itu salah satu pendukung safety.
Walaupun biasanya saat mau
mengganti ke Ban Gambot, pihak bengkel akan menawarkan piringan rem yang lebih
besar. Namun yang harus diperhatikan adalah kualitas piringan ban tersebut,
jangan beli yang asal-asalan. Belilah yang terjamin.
Namun demikian karena
pemasangan ban gambot sudah tidak sesuai dengan spesifikasi ban pabrikan, tetap
saja proses pengeraman menjadi terganggu.
4. CVT Butuh Perawatan Ekstra
Tentu saja dengan ban yang
lebih besar, kerja si V-belt menjadi lebih berat, Sama analoginya dengan
kinerja mesin diatas. Kerja CVT menjadi lebih dipaksakan dan berat sehingga
umur pemakaiannya juga bisa terganggu pada akhirnya. Kalau sudah begitu
sering-sering servis CVT saja
Akhirnya semua kembali
kepada rider, lebih mementingkan safety
atau appearance, yah kalau Cuma untuk nongkrong dan dipakai di
jalan lenggang seputaran komplek perumahan sih oke- oke saja pake ban gambot,
itung – itung mejeng.
Sekian info mengenai Akibat Jika Motor Matic Memakai Ban yang Lebar
Ingat
utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, Jika berguna monggo di share ke rekan-rekan
sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun
pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
1 comments:
Silahkan tinggalkan komen yang membangun...
Terima Kasih
Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon