Honda Tiger pertama kali
diperkenalkan di Indonesia pada bulan Agustus 1993, dan telah menjelma menjadi
salah satu Motor Andalan Biker dalam Turing
|
Motor Honda Tiger - Salam Riders motroad.com Honda tiger telah menjadi legenda di dunia per-biker-an di Indonesia. Disamping penjualannya yang mencatat rekor yang tinggi, peminatnya di Indonesia juga sangat banyak, terbukti dengan lahirnya banyak club motor pencita Honda Tiger. Tidak hanya satu atau dua club, namun banyak sekali club yang basisnya pencinta Tiger ini yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Macan Besi” ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada bulan Agustus 1993, seiring berjalannya waktu, sudah banyak tipe dan Jenis yang dikeluarkan, antara lain Honda Tiger 200, Super Cruiser, Tiger Revolution Cruiser, New Revolution, Tiger 2008, Tiger 2010, 2012 dll.
Tipe Honda Tiger sendiri adalah sepeda adalah motor sport dan merupakan kapasitas mesin tertinggi yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM ) (sumber : Wikipedia). Per April 2012 Honda Tiger berhasil mencatatkan penjualan lebih dari 440.000 Unit diseluruh Indonesia.
Tiger memang sangat cocok untuk pasar Indonesia dimana konsumennya menyukai petualangan dan perjalanan Turing. Apalagi Tiger terbaru hadir dengan fitur yang sangat mendukung untuk perjalanan turing yaitu antara lain:
- Suspensi ganda dengan reservoir tank yang berguna untuk meredam getaran agar kenyamanan berkendara di berbagai medan jalan, termasuk untuk perjalanan jarak jauh dan touring.
- Rem Cakram hidrolik yang terpasang baik di depan maupun belakang.
- Lampu stop LED 6 titik di bagian belakang yang dapat menghasilkan sinyal pencahayaan yang lebih jelas dan terang bagi kendaraan lain di belakangnya.
- Separated Rear Grip untuk memberikan kenyamanan dan keamanan saat berbocengan.
Dengan alternative warna yang terdiri dari Trust Violet, Unity Black, Respect Red, Loyal White. Tiger ditawarkan dengan harga OTR (on The Road) sebesar berkisar 28 Juta s.d 29 Juta.
Spesifikasi
DIMENSI
| |
Dimensi (P x L x T)
|
2.029 x 747 x 1.124 mm
|
Jarak sumbu Roda
|
1.327 mm
|
Jarak terendah ke tanah
|
155 mm
|
Berat kosong
|
139 kg (Single headlight)
|
RANGKA
| |
Rangka
|
Pola berlian (diamond steel)
|
Suspensi depan
|
Teleskopik
|
Suspensi belakang
|
Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
|
Ukuran Ban depan
|
2.75 – 18 42 P
|
Ukuran Ban Belakang
|
100/90 – 18 M/C 56P
|
Rem depan
|
Cakram hidrolik dengan piston ganda
|
Rem belakang
|
Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
|
MESIN
| |
Tipe mesin
|
4 Langkah SOHC
|
Sistem pendinginan
|
Pendingin udara
|
Diameter x langkah
|
63.5 x 62.2 mm
|
Volume langkah
|
196.9 cc
|
Perbandingan kompresi
|
9,0 : 1
|
Daya maksimum
|
16.7 PS / 8.500 rpm
|
Torsi maksimum
|
1.60 kgf.m / 7.000 rpm
|
Kopling
|
Manual, multi plate wet clutch
|
Starter
|
Elektrik & kick starter
|
Busi
|
ND X 24 EP – U9/NGK DP8 EA-9
|
KAPASITAS
| |
Kapasitas tangki bahan bakar
|
13,2 liter
|
Transmisi
|
6 kecepatan
|
Pola pengoperan gigi
|
1-N-2-3-4-5-6
|
KELISTRIKAN
| |
Aki
|
MF battery, 12 V – 7 A.h
|
Sistem pengapian
|
AC – CDI, Magneto
|
Sekian info mengenai Mengenal Lebih Dalam Motor Honda Tiger
Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika
berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
Silahkan tinggalkan komen yang membangun...
Terima Kasih
Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon