Knalpot Motor Racing cocok untuk
motor dengan parts racing, sehingga menambah tenaga dan performa motor.
|
Knalpot Racing Motor - Salam Riders motroad.com … Pada dasarnya knalpot berfungsi sebagai
peredam hasil pembakaran (biasanya sih ada yang bilang ledakan) di ruang pembakaran
mesin. Nah Ledakan tersebut sebetulnya menimbulkan suara yang sangat bising.
Maka untuk meredam suara
tersebut agar tidak bising, hasil sisa pembakaran tidak langsung keluar ke
udara terbuka, gas buang tersbut harus terlebih dahulu mlewati saluran peredam
suara (muffler) di dalam
knalpot.
Knalpot Racing
Knalpot racing motor atau knalpot
motor balap biasanya digunakan untuk
motor yang memang diperuntukan untuk racing (balapan). Hal ini sudah sesuai
karena peruntukan knalpot racing memang pas dengan motor balap yang memiliki
mesin yang tidak standard dan dikondisikan untuk balapan.
Sehingga knalpot racing pada
motor balap akan meningkatkan performa motor dengan menghasilkan kompresi
tambahan yang berujung pada lebih cepat dan kencang akselerasinya.
Selain tarikan yang lebih
bertenaga, suara yang dihasilkan knalpot motor racing pun lebih kencang dan
berisik. Suara berisik tersebut sih cocok-cocok aja kalau digunakan di arena
balapan, karena motor akan menjadi lebih garang dan memiliki power untuk
mengintimidasi lawan saingnya di arena balap.
Lebih Kencang
Sebagian rider berpendapat
bahwa penggunaan knalpot racing akan menghasilkan performa mesin yang lebih
kencang dan bertenaga. Eits nanti dulu, memang knalpot racing dapat
menghasilkan hal tersebut, tapi terbatas pada motor yang memang telah memiliki
mesin yang tidak standar dan cocok untuk balapan.
Untuk itu penggunaan knalpot
racing seharusnya hanya digunakan pada motor yang sudah memiliki parts untuk
racing. Dan usahakan gunain knalpot racing yang sudah memiliki brand dan
terjamin mutu kualitasnya. Jagan sampai asal beli knalpot racing di pinggir
jalan, apalagi aftermartet dan merknya udah gak jelas. Lebih baik sayang motor
lah.. hehe…
Knalpot Motor Bebek Racing
Penggunaan knalpot racing
pada motor standar sebetulnya tidak disarankan, apalagi untuk motor yang
menggunakan sistem pembuangan jenis freeflow
di motor bebek atau motor matic. Biasanya motor dengan jenis ini memiliki
suara knalpot yang hening dan lembut, sehingga untuk sebagian rider menjadi
tidak greget dibawa jalan di jalan raya.
Menutur artikel di beritagar.id, penggunaan knalpot motor racing
pada motor dengan sistem freeflow
harus dibarengi dengan penyetelan ulang sistem penyuplai bahan bakar electronic control unit (ECU). Jika
tidak distel ulang, alih-alih mendapatkan performa mesin yang mumpun, yang
didapat malah putaran mesin yang tidak stabil.
Selain itu sebelum dipasang
knalpot racing, beberapa modifikasi pada motor standar mutlak diperlukan. Antara
lain melakukan porting polish, mengubah setelan celah klep, dan memperbesar spuyer
(oto.detik.com).
Untuk motor dengan teknologi
injeksi, pneggantian ke knalpot racing harus dilakukan di bengkel resmi atau bengkel knalpot motor yang
memiliki diagnostic tool untuk mengukur ECU tadi.
Bahan Bakar Lebih boros
Penggunaan knalpot racing
pada motor akan menaikkan konsumsi bahan bakar, selain itu juga abis kocek rider untuk memodif
dari knalpot standar ke racing.
Apalagi untuk motor programmed fuel injection (PGMFI) yang menggunakan
02 sensor yang menempel di bagian knalpot, jadi bahakn bakar yang keluar tidak
terdetek, ongkos pasangnya mahal pula, harga knalpot racing juga jadi pertimbangan.
Mesin Jadi Berisik
Nah ini otomatis, kalau
dilihat sih keuntungannya Cuma motor jadi lebih berisik dan terdengar garang
dijalan. Untuk keren-kerenan rider aja, pas lewat jalan raya rider yang lain
akan minggir semua karena motor kita terlalu berisik. Yang ada malahan
disumpahin sama pengendara lain
Selain itu, emisi gas buang
relatif berhahaya karena emisi gas buang tidak tersaring di catalytic
converter, selain polusi udara juga polusi suara.
Jangan lupa untuk main
tikus-tikusan sama polisi lalu lintas, di beberapa kota di Indonesia, khususnya
di Kota-kota besar telah melarang penggunaan knalpot racing, jadi
berhati-hatilah takut nanti ditilang.
Sekian info mengenai Knalpot Racing Motor - Yuk Pahami dulu Plus Minusnya
Ingat utamakanlah selalu
keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika
berguna monggo di share ke
rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang
membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
Silahkan tinggalkan komen yang membangun...
Terima Kasih
Salam Admin Motroad
EmoticonEmoticon